Bappenas: Kualitas SDM Indonesia Masih Ketinggalan Jauh dari Vietnam

Agatha Olivia Victoria
14 Agustus 2019, 17:58
bappenas, bambang brodjonegoro, sdm, vietnam
Bappenas
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut kualitas SDM Indonesia masih jauh tertinggal dari negara lain, termasuk Vietnam.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, Indeks Modal Manusia atau Human Capital Index (HCI) Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain. Tak hanya dibandingkan dengan negara maju,  Indonesia bahkan tertinggal jauh dari negara-negara ASEAN, seperti Vietnam.

"Human capital index kita masih jauh dari negara Asia lainnya, tak usah dari Singapura, dari Vietnam yang setara dengan kita saja kita kalah," ujarnya dalam forum merdeka barat 9 di kantornya, Jakarta, Rabu (14/8).

Ia menjelaskan, indeks modal manusia Indonesia sebesar 0,53 atau berada pada peringkat 87 dari 157 negara. Berdasarkan capaian pendidikan dan status kesehatan saat ini, anak-anak Indonesia yang lahir saat ini pada 18 tahun kemudian diperkirakan hanya dapat mencapai 53% dari potensi produktivitas maksimumnya.

(Baca: Hadapi Perang Dagang, Saatnya Indonesia Mengejar Vietnam)

Adapun berdasarkan data Bank Dunia (World Bank), indeks modal manusia Vietnam yaitu 0,67 atau berada pada peringkat 48. Secara rinci, Singapura dengan skor 0,88 berada pada peringkat 1, Malaysia dengan skor 0,67 berada pada peringkat 55, kemudian Thailand dengan skor 0,60 pada peringkat 65 dan Filipina dengan nilai 0,55 pada peringkat 84.

Sementara, Kamboja berada pada peringkat 100 dengan nilai 0,49, Myanmar peringkat 107 dengan nilai 0,47 dan Laos pada peringkat 111 dengan nilai 0,45.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...