Jokowi Minta Medali Emas dari World Skill Competition

Penulis: Michael Reily

Editor: Agustiyanti

14/8/2019, 13.21 WIB

Sebanyak 32 orang lulusan vokasi asal Indonesia bakal bersaing dalam 29 bidang kemampuan dan keterampilan tingkat dunia.

jokowi, sumber daya manusia, world skill competition
Katadata/Donang Wahyu
Presiden Jokowi meminta kontingen Indonesia membawa medali emas dari ajang World Skill Competition,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Kontingen Indonesia yang akan ikut World Skill Competition di Kazan, Rusia, pada 22 hingga 27 Agustus 2019 untuk meraih medali emas. Sebanyak 32 orang lulusan vokasi bakal bersaing dalam 29 bidang kemampuan dan keterampilan tingkat dunia.

"Kita sering mendapatkan medali emas pada kejuaaraan-kejuaraan tertentu, saya kira kekuatan kita ada di situ," katanya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Ia  mengungkapkan Indonesia tak kalah dalam urusan informasi dan teknologi, agrikultur, manufaktur, serta keterampilan lain.  Namun menurut Jokowi, perubahan dunia sangat cepat sehingga kebutuhan lapangan kerja juga jaman sekarang berbeda dengan masa lampau.

 (Baca: Jokowi Kumpulkan Para Menteri Bahas Pelemahan Yuan)

Oleh karena itu, ia juga meminta peserta belajar dari negara lain saat mengikuti kompetisi tersebut. "Muncul pekerjaan pekerjaan baru yang dulu orang tidak menyangka," terang dia. 

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menjelaskan Indonesia belum pernah mendapatkan medali emas dalam ajang keterampilan internasional dua tahun sekali itu. Namun, menurut dia, Indonesiaberhasil mendapatkan 12 medali emas dalam gelaran Asian Skill Competition di Thailand, tahun lalu.

"Kali ini harus menang dan rebut emas," kata Hanif.

(Baca: Sri Mulyani Sebut Kualitas SDM Rendah Jadi Hambatan Investasi)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengungkapkan peserta kompetisi keterampilan dunia adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sudah lulus. Peserta yang ikut dalam World Skill Competition adalah para pemenang dalam Asia Skill Competition.

Ia menyebut kompetisi ketrampilan tersebut mencakup bidang tata taman, robot, tata boga, penyajian makanan, tata rias, hingga fesyen. Total terdapat 36 orang kontingen Indonesia yang bakal berangkat ke Rusia, termasuk pelatih dan pendamping.

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan