Ketepatan Waktu Terbang Lion Air Sentuh 80,76% pada Juli 2019

Agatha Olivia Victoria
14 Agustus 2019, 10:59
ketepatan waktu penerbangan Lion Air
ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Ilustrasi, pesawat Lion Air. Lion Air mencatat, tingkat ketepatan waktu layanannya mencapai 80,76% pada Juli 2019.

Maskapai penerbangan Lion Air mencatat, tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) layanannya mencapai 80,76% pada Juli 2019. Pencapaian ini lebih tinggi dibanding bulan yang sama pada 2017 dan 2018.

Pada Juli 2017, tingkat ketepatan waktunya hanya 66%. Sedangkan pada periode sama tahun lalu, 69,87%. “OTP ini yang tertinggi jika dibanding waktu yang sama pada dua tahun terakhir,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers, kemarin (13/8).

Advertisement

OTP menunjukkan ketepatan waktu penerbangan saat keberangkatan (departure) dan kedatangan (arrival) di bawah 15 menit dari jadwal yang ditentukan. Penghitungan ini sesuai laporan Integrated Operation Control Center (IOCC) Lion Air Group.

(Baca: Garuda Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia Versi OAG Flightview)

Danang mencatat, rata-rata ada 451 penerbangan per hari selama Juli 2019. Jumlah tersebut setara 13.991 frekuensi terbang. "Periode ini, terjadi peningkatan penerbangan yang salah satunya momen ramai pengunjung (peak season)," kata dia.

Dalam hal ketepatan waktu, Danang mengungkapkan bahwa berbagai langkah strategis telah diterapkan perusahaannya. Di antaranya mengatur pergerakan penumpang dan pesawat, koordinasi intensif bersama pihak terkait. Kedua hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran perjalanan setiap hari.

Selain itu, ia memastikan perusahaannya mengikuti standar prosedur pengoperasian pesawat udara dan petunjuk dari pabrik. Misalnya, dalam hal pemeliharaan, pengecekan komponen, pelatihan awak pesawat dan hal lainnya. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement