Pertamina Akan Mengebor Satu Sumur di Blok Rokan Tahun Depan

Image title
14 Agustus 2019, 16:00
Pertamina, blok rokan, chevron
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat (09/08). Pertamina berencana mengebor satu sumur di Blok Rokan pada tahun depan.

Pertamina berencana mengebor satu sumur di Blok Rokan pada tahun depan. Rencana tersebut sudah disepakati dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) yang saat ini menjadi operator Blok Rokan. 

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu mengatakan pengeboran dilakukan untuk mempertahankan produksi dan meningkatkan cadangan migas di blok tersebut. "Pengeboran dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja dari reservoir," kata Dharmanwan saat ditemui di Jakarta Convention Center, Rabu (14/8).

Sebelumnya, Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menyatakan pihaknya mendorong perusahaan plat merah tersebut agar melakukan pengeboran di Blok Rokan paling lambat pada awal tahun depan. Targetnya, Pertamina dapat menekan laju penurunan produksi secara alamiah (decline) di blok tersebut.

Selain pengeboran, Pertamina juga akan membangun pipa minyak baru di Blok Rokan. Dharmawan menyebut Pertamina sudah memulai tahap Front End Engineering Design (FEED) untuk proyek pipa. Pertamina berharap konstruksi bisa dilakukan pada akhir 2019 sehingga proyek tersebut bisa selesai pada 2021.  

(Baca: Pertamina akan Integrasikan Blok Corridor - Blok Rokan - Kilang Dumai)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...