Riset: Indosat dan Tri Paling Terpukul Akibat Listrik Mati 12 Jam

Desy Setyowati
14 Agustus 2019, 10:06
Jaringan indosat tri listrik mati
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, seorang anak perempuan belajar saat listrik mati di kawasan Bekasi, Jawa Barat (4/8). Jaringan 4G Indosat dan Tri terkena dampak paling parah akibat pemadaman listrik awal Agustus lalu.

Sebagian wilayah Jawa sempat mengalami mati listrik sekitar 12 jam pada awal Agustus lalu. Riset OpenSignal menunjukkan, jaringan Indosat dan Tri merupakan yang terkena dampak paling parah akibat pemadaman listrik itu.

Dalam laporan terbarunya, OpenSignal menyebutkan bahwa ketersediaan jaringan generasi keempat (4G) di DKI Jakarta, hanya 87% saat mati listrik pada 4 Agustus lalu. “Untuk pengguna Indosat dan Tri, kami melihat ketersediaan 4G mereka secara dramatis turun menjadi di bawah 20 % pada jam-jam awal pemadaman,” demikian dikutip dari siaran resmi OpenSignal, kemarin (13/8).

OpenSignal mencatat, ketersediaan 4G Tri di DKI Jakarta menurun dari rata-rata 90,4 % menjadi 12,9 % pada pukul 13:00, awal Agustus lalu. Begitu pun dengan jaringan 4G Indosat menurun sekitar 14 jam, hingga akhirnya pulih sepenuhnya.

(Baca: Layanan Komunikasi, Bank, KRL Lumpuh Lebih 6 Jam Akibat Listrik Mati)

Ketersediaan 4G Smartfren, Telkomsel dan XL di DKI Jakarta juga menurun selama pemadaman listrik awal Agustus lalu. Namun, penurunan itu terpantau bertahap dan terbatas.

Jaringan 4G Telkomsel dan XL misalnya, sempat turun ke level terendah sekitar 50%. Penurunan kualitas layanan komunikasi keduanya masing-masing terjadi selama empat dan lima jam sejak listrik mati sekitar pukul 11.50 WIB.

Meski begitu, upaya pemulihan jaringan 4G Telkomsel an Indosat butuh waktu lebih lama dibanding operator lainnya. Di Jawa Barat misalnya, Telkomsel memulihkan layanan komunikasinya selama 19 jam.

OpenSignal justru mencatat, jaringan Smartfren merupakan yang paling kecil terkena dampak pemadaman listrik. Perusahaan riset itu mencatat, ketersediaan 4G operator ini sekitar 75% selama listrik mati.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...