IHSG Loyo ke 6.257 Terbebani Neraca Dagang hingga Data Tiongkok

Image title
15 Agustus 2019, 17:25
ihsg, pasar modal
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ilustrasi. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (15/8) ditutup terkoreksi 0,16% menjadi 6.257,58.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (15/8) ditutup terkoreksi 0,16% menjadi 6.257,58. Beberapa sentimen baik dari global maupun dalam negeri membayangi penurunan indeks saham hari ini.

Dalam risetnya, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan data perekonomian Tiongkok yang dirilis kemarin jauh dari yang diharapkan. Negeri Tembok Raksasa itu  mencatat pertumbuhan Industrial Production terlemah sejak 2002 yang diakibatkan oleh perlambatan siklus ekonomi dan ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat. 

Di tengah situasi dan kondisi seperti saat ini, Nico menilai para pelaku pasar dan investor mengharapkan stimulus untuk membantu menstabilkan perekonomian Tiongkok. "Karena implikasinya akan mengenai Indonesia juga," katanya.

(Baca: Ancaman Resesi Seret Wall Street Turun, Bursa Asia Ikut Rontok)

Selain itu, sentimen juga datang dari dalam negeri terkait neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2019 defisit US$ 63,5 juta. Kondisi tersebut memburuk dibandingkan bulan lalu yang surplus US$ 200 juta, tetapi membaik dibanding Juli 2018 yang tekor US$ 2,03 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan defisit neraca perdagangan seiring dengan impor pada Juli 2019 yang mencapai US$ 15,51 miliar, sedangkan ekspor tercatat lebih rendah sebesar US$ 15,45 miliar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...