Antisipasi Harga Minyak Naik, Ketua DPD Usul Pemerintah Bangun PLTN

Image title
16 Agustus 2019, 11:32
dpd usul jokowi bangun pltn
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua DPD Oesman Sapta Odang. Ia mengusulkan agar pemerintah membangun PLTN.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Oesman Sapta mengatakan, pemerintah perlu menyiapkan cadangan energi alternatif seperti Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga minyak.

Oesman mencatat, harga minyak naik dalam delapan tahun terakhir. “Hal ini menyadarkan kita (Indonesia) tentang perlunya mengembangkan energi alternatif, dalam hal ini pembangunan PLTN,” kata dia dalam rangkaian Sidang Tahunan MPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Energi baru dan terbarukan, menurutnya bukan saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan industri. Ketersediaan energi tersebut dapat membuka peluang investasi jangka panjang di Indonesia.

(Baca: Faisal Basri Prediksi Defisit Energi Capai US$ 80 Miliar pada 2021)

Dengan begitu, pemerintah bisa mewujudkan ekonomi yang berdikari. "Pembangunan PLTN ini juga merupakan langkah strategis yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam melakukan ekspor sumber daya alam (SDA) dalam bentuk bentuk semi-finishing product atau finishing product,"  kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...