Menyorot Nota Keuangan 2020, Antara Janji dan Aneka Program Jokowi

Sorta Tobing
16 Agustus 2019, 16:09
pidato nota keuangan jokowi, asumsi makro 2020
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim di tengah gejolak perekonomian global, pembangunan ekonomi Tanah Air selama lima tahun capaiannya menggembirakan. Pertumbuhan ekonomi trennya meningkat dari 4,88% (2015) menjadi 5,17% (2018).

Angka pengangguran turun dari 5,81% pada Februari 2015 menjadi 5,01% pada bulan yang sama tahun ini. Lalu, jumlah penduduk miskin juga turun. Begitu pula dengan rasio gini atau indeks ketimpangan pendapatan.

Advertisement

Ia juga menyebut perbaikan indeks pembangunan manusia, logistik, dan kualitas infrastruktur. “Berbagai capaian itu tidak terlepas dari reformasi fiskal yang telah kita lakukan,” kata Jokowi saat menyampaikan pidato Nota Keuangan di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Namun, tantangan ekonomi ke depan akan semakin berat dan kompleks. Perang dagang dan depresiasi nilai mata uang, seperti yuan Tiongkok dan peso Argentina, harus diwaspadai.

“Saat negara-negara lain ekonominya melambat, ekonomi kita harus mampu tumbuh,” ucap Jokowi yang mengenakan jas berwarna biru dan dasi merah. “Kita manfaatkan kesulitan sebagai kekuatan untuk bangkit, tumbuh, untuk Indonesia maju.”

Kunci untuk mewujudkan hal itu, menurut Jokowi, dengan meningkatkan daya saing nasional, terutama kualitas sumber daya manusia (SDM). Berbagai program pembangunan SDM sedang pemerintah siapkan.

Harapannya, bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini bisa menlahirkan generasi bertalenta dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. “Saya yakin dengan fokus pad peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera menjadi negara maju.”

(Baca: Periode ke-2, Begini Target-target Ekonomi Jokowi Tahun Depan)

Asumsi Makro 2020

Tahun depan, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi berada pada tingkat 5,3%. Konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utama. Inflasi di kisaran 3,1% untuk mendukung daya beli masyarakat. Nilai tukar pada Rp 14.400 per dolar Amerika (AS).

“Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi,” kata Jokowi. Karena itu, tingkat suku bunga surat perbendaharaan negara (SPN) tiga bulan diperkirakan berada di level 5,4%.

Harga minyak mentah Indonesia (ICP) mencapai US$ 65 per barel. Lifting atau produksi siap jual minyak dan gas bumi masing-masing mencapai 734 ribu barel per hari dan 1,19 juta barel setara minyak per hari.

Perbandingan asumsi makro 2019 dan 2020 dapat terlihat dalam grafik Databoks berikut ini.

Prioritas Anggaran 2020

Dalam pidatonya, Jokowi juga menyebut tiga strategi kebijakan fiskal tahun depan. Pertama, memobilisasi pendapatan dengan tetap menjaga iklim investasi. Lalu, meningkatkan kualitas belanja agar lebih efektif dalam mendukung program prioritas. Terakhir, mencari sumber pembiayaan secara hati-hati dan efisien melalui penguatan peran kuasi fiskal.

Tema kebijakan fiskal 2020 akan diarahkan pada lima hal. Tiga di antaranya, yaitu penguatan kualitas SDM, akselerasi pembangunan infrastruktur untuk mendukung transformasi ekonomi, dan penguatan program perlindungan sosial untuk menjawab demografi dan antisipasi aging population.

Kemudian, dua hal lainnya, yaitu penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk mendorong kemandirian daerah dan antisipasi ketidakpastian global.

(Baca: Anggaran Pendidikan Rp 505,8 Triliun, Begini Program Baru Jokowi)

Dengan fokus tersebut pemerintah berharap defisit anggaran 2020 sebesar 1,76%. Belanja negara mencapai Rp 2.528,8 triliun atau sekitar 14,5% dari produk domestik bruto (PDB). Dana ini akan dipakai untuk perbaikan kualitas SDM, melanjutkan program perlindungan sosial, dan menjawab tantangan geografi. Belanja itu juga untuk meningkatkan investasi dan ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement