SMN 2019, BNI Ajak Siswa Kunjungi RKB

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
16 Agustus 2019, 23:10
BNI
Katadata

Memasuki hari pertama penyelenggaraan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengajak pelajar dari Jawa Barat mengunjungi Rumah Kreatif BUMN (RKB). Kunjungan di RKB yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur ini dilakukan Kamis, 15 Agustus 2019.

Corporate Secretary BNI Meiliana, menuturkan, sebagai BUMN, BNI turut mendapatkan mandat untuk membina RKB. Wadah ini merupakan rumah bersama untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar menjadi lebih berkualitas dan memiliki daya saing. Hingga saat ini, BNI telah memiliki 45 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Selain itu, RKB itu bertujuan agar bisnis pelaku UMKM bisa menembus pasar e-commerce. Secara rutin, RKB memberikan pelatihan e-commerce fotografi produk, dan pengemasan produk," ujar Meiliana.  Hasil produksinya dipasarkan melalui market place milik BUMN Telkom yaitu Blanja.com. Bila telah memenuhi syarat, BNI dapat menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM dengan bunga hanya 7 persen per tahun.

Keberadaan RKB kata Meliana makin diterima masyarakat. Antara lain karena RKB menyerap banyak UMKM. Jumlah UNKM yang aktif di RKB binaan BNI juga semakin banyak.

Saat ini terdapat 158.783 UMKM yang terdaftar di rkb.id. Sebanyak 2.820 UMKM di antaranya telah go digital (fasih teknologi digital). Dari UMKM yang sukses go digital tersebut sebanyak 2.164 UMKM telah sukses menjajakan produknya di laman blanja.com, dengan jumlah transaksi mencapai 1.907 transaksi.

Mayoritas produk yang paling banyak diminati adalah makanan dalam kemasan.
BNI juga secara rutin mengikutsertakan UMKM binaan RKB BNI di acara-acara pameran ternama seperti INACRAFT, Gelar Batik Nasional, Halal Park, dan lain-lain. 

Di sela-sela kunjungan, salah satu peserta SMN 2019, Muhammad Ridwan mengatakan program tersebut sangat seru dan menambah wawasan baru baginya. Ia berharap BNI terus aktif mendukung program SMN ke depannya. Peserta lain, Putri Maudy Kusnaidi mengaku program SMN 2019 membuatnya bangga dan termotivasi untuk melestarikan budaya. Senada dengan Ridwan, dirinya berterima kasih pada BNI dan berharap agar BNI konsisten mendukung SMN dan dunia pendidikan. 

Desa Wisata Pampang

Meiliana menambahkan bahwa para pelajar juga berkesempatan menikmati wisata budaya dengan mengunjungi Desa Pampang. Desa Budaya Pampang merupakan salah satu destinasi pariwisata kebudayaan yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur. 

Ia menjelaskan Desa Budaya Pampang menyajikan kearifan budaya Suku Dayak Kenyah dan Apokayan sebagai sub-suku Dayak, mulai dari ornamen khas pada pakaian, rumah lamin, tarian, hingga kerajinan tangannya. "BNI berharap para pelajar yang berasal dari Jawa Barat dapat juga memahami budaya dari Pulau Kalimantan dengan mengikuti program ini," kata Meiliana. 


Program CSR, BNI Berikan 150 Unit MCK di Kaltim

Pada Program SMN, BNI turut mengedukasi para pelajar akan pentingnya berbagi dengan orang lain. Pada hari kedua, Jumat, 16 Agustus 2019, BNI mengajak pelajar untuk mengunjungi SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur. 
Sebagai bentuk kepedulian sosial, BNI memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi SMAN 1 Balikpapan dalam bentuk sarana Mandi Cuci Kakus (MCK). Dalam rangka HUT ke-74 RI,  BNI memberikan total 150 unit sarana MCK di seluruh Provinsi Kalimantan Timur. BNI berharap MCK tersebut dapat meningkatkan kenyamanan dan higenitas masyarakat setempat. 

Advertisement
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement