Terbentur Acara Lain, Prabowo Absen Hadiri Pidato Jokowi di MPR

Image title
16 Agustus 2019, 14:50
Prabowo, Gerindra, Sidang Tahunan MPR.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR yang digelar hari Jumat (16/8).
Prabowo Subianto tak terlihat dalam agenda Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI hari Jumat (16/8). Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani beralasan sang Ketua Umum berhalangan karena ada agenda lain yang harus dihadiri.
 
Meski demikian, Muzani mengatakan bahwa para kader partai berlambang kepala burung Garuda itu hadir demi menggantikan Prabowo hari ini. Absennya Prabowo juga digantikan mantan calon wakil presidennya yakni Sandiaga Uno yang terlihat hadir dalam acara tahunan ini.
 
"Sudah ada saya dan yang lain, semuanya satu," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).
Sandiaga pada hari Kamis (15/8) kemarin mengatakan dirinya secara pribadi mewakili kehadiran Prabowo dalam Sidang Tahunan MPR. Dia juga telah berbicara dengan Prabowo untuk menggantikan mantan  Komandan Jenderal Kopassus tersebut mengikuti rangkaian acara hari ini.
 
"Pak Prabowo sudah terjadwal acara lain, jadi saya yang hadir," kata Sandi hari Kamis (15/8).

(Baca: Sandiaga Uno Apresiasi Jokowi yang Ingin Bentuk Kementerian Investasi)

Advertisement
Bukan hanya Prabowo yang tak terlihat batang hidungnya di MPR. Sosok Susilo Bambang Yudhoyono juga tidak hadir dalam rangkaian pidato Jokowi. Ini karena Presiden keenam RI ini sedang merawat sang ibunda yang dirawat di rumah sakit.
 
"(Tapi) Pak SBY mengikuti pidato pak Jokowi dari rumah sakit," kata politisi Partai Demokrat Jansen Sitindaon dilansir dari Antara, Jumat (16/8).
 
Selain dua tokoh tersebut, Ketua MPR Zulkifli Hasan memastikan Presiden ketiga RI Bahaaruddin Jusuf Habibie juga absen dengan alasan kesehatan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement