Kemenhan Dapat Anggaran Terbesar di 2020, Lampaui Kementerian PUPR

Agatha Olivia Victoria
17 Agustus 2019, 00:05
Anggaran Kementerian Pertahanan 2020 dalam RAPBN 2020, melembihi anggaran infrastruktur
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Seorang prajurit TNI AD berada di atas kendaraan taktis Anoa 6x6 yang disiagakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Kementerian Pertahanan bakal menjadi kementerian/lembaga dengan anggaran terbesar tahun depan. Pemerintah merencanakan anggaran Rp 127,4 triliun untuk Kementerian pimpinan Ryamizard Ryacudu tersebut, naik drastis dari prediksi realisasi tahun ini yaitu Rp 109,6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak memerinci penyebab kenaikan. Namun, ia menjelaskan anggaran keamanan dan pertahanan memang meningkat seiring penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 240 daerah tahun depan.

Selain di Kementerian Pertahanan, anggaran keamanan dan pertahanan juga terdapat di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tahun depan, Polri mendapatkan anggaran Rp 90,3 triliun, lebih rendah dari prediksi realisasi tahun ini yaitu Rp 94,3 triliun. Meski begitu, dengan alokasi ini, Polri berada di posisi ketiga sebagai kementerian/lembaga penerima alokasi anggaran terbesar tahun depan.

(Baca: Dana Infrastruktur Rp 419 T pada 2020, Pemerintah Agresif Bangun Jalan)

Sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berada di posisi kedua sebagai penerima anggaran terbesar yaitu Rp 120,2 triliun. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan alokasi tahun ini Rp 111,8 triliun, dan realisasi 2018 yaitu Rp 102,5 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran Kementerian PUPR di antaranya untuk pembangunan 837 kilometer jalan, 6,9 kilometer jembatan, dan 49 bendungan baru. "Ini menyebabkan Kementerian PUPR masih tetap mendapatkan alokasi anggaran yang cukup tinggi di tahun depan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...