Sempat Ditolak, Pimpinan KESDM - SKK Migas Jadi Pembina Upacara HUT RI

Image title
17 Agustus 2019, 15:41
Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Jambi Field yang dikelola Pertamina EP Asset I.
Pertamina EP
Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Jambi Field yang dikelola Pertamina EP Asset I.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) sempat menolak pembina upacara dari unsur pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 RI di lingkungan Pertamina. Namun pejabat Kementerian ESDM dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tetap bertindak sebagai inspektur upacara HUT Kemerdekaan RI. 

Salah satunya Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman yang menjadi pembina upacara HUT kemerderkaan RI di Field Jambi yang dikelola Asset I Pertamina EP pada Sabtu (17/8) pagi. Dalam acara tersebut, Fatar yang membacakan sambutan dari Menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan, pemerintah terus menjaga produksi migas serta peningkatan peran nasional dalam pengelolaan migas.

Salah satu bentuknya adalah alih kelola blok migas seperti Blok Mahakam dan Blok Rokan ke Pertamina. "Ada juga pengembangan proyek migas strategis, yaitu Jangkrik dan Jambaran Tiung Biru, serta keputusan pengembangan Blok Masela,"ujar Fatar.

Biarpun begitu, Indonesia masih dihadapkan pada berbagai tantangan seperti eksplorasi dan produksi migas, serta peningkatan cadangan baru dan rasio penggantian cadangan (RRR). SKK Migas mencatat telah menyetujui 13 rencana pengembangan lapangan (POD) sepanjang semester 1 2019 dengan potensi tambahan cadangan migas sebesar 132 juta setara barel minyak (MMboe).

Jumlah tersebut secara akumulasi menghasilkan RRR sebesar 23,85 persen dari target APBN 2019 sebesar 100 persen. Namun pada akhir tahun, RRR diperkirakan dapat mencapai lebih dari 39 persen, karena telah ditandatanganinya revisi PoD Lapangan Abadi Masela pada Juli 2019.

(Baca: HUT Kemerdekaan ke-74, Jokowi Berpesan Jangan Korbankan Keutuhan NKRI)

Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-74 tidak hanya dilakukan di Field Jambi yang dikelola Asset I Pertamina EP.  Menteri ESDM memimpin upacara perayaan di Freeport Timika, Papua. Sedangkan Wamen ESDM menjadi pembina di Blok Rokan, Riau. Begitu juga dengan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM dan SKK Migas yang bertindak sebagai inspektur upacara di 48 lapangan hulu migas yang tersebar dari wilayah Barat hingga Timur Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...