Kerusuhan di Manokwari, Mendagri: Kepala Daerah Harus Tanggung Jawab

Image title
19 Agustus 2019, 17:52
kerusuhan Manokwari, kerusuhan di papua barat, kemendagri
ANTARA FOTO/GUSTI TANATI
Massa melakukan aksi di Jayapura, Senin (19/8/2019). Menter Dalam Negeri Thahjo Kumolo meminta Gubernur Papua Barat dan Gubernur Jawa Timur bertanggungjawab atas kerusuhan tersebut.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah Jawa Timur serta Papua Barat bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi di Manokwari, Papua pada hari ini. Dia pun meminta kepala daerah bisa membuat pernyataan yang mampu meredakan situasi di Papua.

Sebab pernyataan negatif dari kepala daerah justru semakin memicu emosi massa."Itu bisa menimbulkan opini yang berbeda dan bisa menimbulkan kesalahpahaman, serta bisa menimbulkan kejadian seperti di Manokwari dan Jayapura," kata Tjahjo di Gedung Menkopolhukam, Jakarta, Senin (19/8).

Advertisement

Lebih lanjut Tjahjo menyebut Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan akan terbang langsung ke Manokwari dari Jakarta untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Selain itu, Dominggus akan melakukan negosiasi dengan para pendemo.

Tjahjo mengatakan akan ada sikap berbeda dari para pendemo jika seorang kepala daerah langsung turun tangan menghadapi massa. "Kan berbeda kalau yang menerima langsung Gubernur," kata Tjahjo.

(Baca: Khofifah Minta Maaf, Penyerangan Mahasiswa Papua Tak Mewakili Jatim)

Di sisi lain, pihaknya meminta Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan pernyataan maaf secara terbuka untuk meredakan amarah massa yang ada di Papua. Tjahjo bersama Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) memang sudah menerima permintaan maaf dari Khofifah. Namun pernyataan tersebut baru disampaikan melalui sambungan telepon kepada Menko Polhukam Wiranto.

"Barusan tadi pagi saya telpon Bu Khofifah, dan beliau menyatakan pernyataan maaf terbuka yang tulus dan ikhlas," kata Wiranto di kantornya Gedung Menko Polhukam, Jakarta.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement