Korpri Masih Berharap Gaji PNS Naik pada 2020

Agatha Olivia Victoria
19 Agustus 2019, 15:56
pns, gaji pns, gaji pns naik
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi PNS. Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) masih berharap terdapat kenaikan gaji pokok bagi PNS pada tahun depan.

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) masih berharap terdapat kenaikan gaji pokok bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun depan. Kenaikan gaji pokok dinilai dibutuhkan untuk menutup kenaikan harga barang dan jasa atau inflasi.

"Saya secara pribadi dan sebagai Sekjen Korpri berharap ada kenaikan (gaji pokok). Kan ada inflasi, harapannya pemerintah bisa (membantu) menutup inflasi," ujar Sekretaris Jenderal Korpri sekaligus Ketua Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Jakarta, Senin (18/8).

Advertisement

Kendati demikian, sebagai abdi negara, ia mengaku paham dengan beban fiskal pemerintah. Ia pun berharap Peraturan Pemerintah (PP) terkait gaji dan tunjangan bagi PNS dapat segera rampung. Aturan baru tersebuh diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan PNS.

(Baca: Gaji PNS Tak Naik Meski Alokasi Belanja Pegawai pada 2020 Bengkak)

"Mudah-mudahan PP gaji dan tunjangan bisa cepat keluar dan lebih terstruktur. Dengan aturan itu nantinya akan berbeda sekali, misalnya tunjangan pensiun, akan berubah dari pay as you go menjadi fully funded," kata dia.

Sebagai informasi, saat ini tunjangan pensiunan PNS menggunakan skema pay as you go. Melalui skema tersebut, dana berasal dari iuran PNS sebesar 4,75% dari gaji ditambah dengan dana dari APBN.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement