WhatsApp Dikabarkan Akan Sediakan Layanan Pembayaran di Indonesia

Desy Setyowati
20 Agustus 2019, 16:19
WhatsApp GoPay OVO Indonesia Pembayaran
PXHERE.COM
Ilustrasi. WhatsApp dikabarkan bakal membawa layanan pembayaran ke Indonesia.

WhatsApp dikabarkan bakal menyediakan layanan pembayaran di Indonesia. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu pun sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan GoPay, OVO, dan DANA.

Sumber Reuters mengatakan, layanan bernama WhatsApp Payments itu akan berfungsi sebagai platform yang mendukung pembayaran melalui dompet digital. “Model di Indonesia akan menjadi tempat bagi WhatsApp untuk diadopsi di negara berkembang lainnya,” demikian dikutip dari Reuters, Selasa (20/8).

Advertisement

Langkah ini ditempuh supaya WhatsApp bisa menyiasati peraturan yang berlaku di masing-masing negara. Sebab, pasar tersebut, termasuk Indonesia, sudah memiliki layanan dompet digital dari beberapa perusahaan.

Untuk itu, perusahaan di bawah naungan Facebook ini pun berdiskusi dengan perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran di Indonesia seperti GoPay, DANA, dan OVO. Sumber mengatakan, kesepakatan dengan ketiga perusahaan itu diperkirakan selesai dalam waktu dekat.

Sumber menyampaikan, WhatsApp juga mendekati Bank Mandiri karena mengoperasikan dompet digital. Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri dan beberapa perusahaan milik negara lainnya merupakan pemegang saham LinkAja.

(Baca: WhatsApp Bakal Luncurkan Layanan Pembayaran Digital Akhir Tahun Ini)

Rencana ekspansi ini muncul setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan akan meluncurkan WhatsApp Payments ke beberapa negara awal tahun ini. “Kami ingin membawa pembayaran digital ke lebih banyak negara," kata Juru Bicara Facebook.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement