Startup Asal Singapura Beri Promo Rp 117 Miliar ke Pengguna Indonesia

Penulis: Abdul Azis Said

Editor: Desy Setyowati

21/8/2019, 15.16 WIB

ShopBack juga menggelar pesta diskon selama empat bulan di akhir tahun ini.

promo e-commerce shopback
Shopback
Ilustrasi, tim ShopBack. ShopBack menyebutkan sudah memberikan promo berupa uang kembali (cashback) Rp 117 miliar kepada pengguna di Indonesia sejak 2016.

Startup gaya hidup, ShopBack menyebutkan sudah memberikan promo berupa uang kembali (cashback) Rp 117 miliar kepada pengguna di Indonesia sejak 2016. Perusahaan rintisan ini pun berencana menggelar festival belanja online selama empat bulan terakhir tahun ini, guna menggaet lebih banyak konsumen.

Perusahaan ini beroperasi sebagai kurator e-commerce. Platform ShopBack terhubung dengan milik e-commerce. Startup ini pun sudah hadir di tujuh negara, yakni Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Taiwan dan Australia.

Konsumen yang berbelanja melalui platform ShopBack akan mendapat cashback. “Kami ingin fokus dalam menciptakan pengalaman belanja online dengan mengenalkan beragam fitur yang memungkinkan pengguna menemukan penawaran sesuai kebutuhan mereka,” kata Pendiri ShopBack Jeol Leong di Jakarta, Rabu (21/8).

(Baca: Startup Gaya Hidup Shopback Dapat Suntikan Modal Rp 643,5 Miliar)

Dengan mengusung model bisnis itu, transaksi melalui platform ShopBack tumbuh 250% sepanjang tahun lalu. Setidaknya, ada lebih dari 3 juta transaksi setiap bulannya.

Aplikasi ShopBack pun diunduh 10 juta kali, sejak pertama kali beroperasi pada 2016 lalu. Pengunjung situs ini rerata 14 juta setiap bulannya. Sedangkan yang berbelanja di e-commerce melalui platform ini sekitar 7 juta per bulan.

Keseluruhan total penjualan (Gross Merchandise Value /GMV) mitra melalui platform ShopBack mencapai US$ 1 juta pada tahun lalu. Perusahaan rintisan ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 2 ribu e-commerce, seperti Lazada, Taobao, Expedia, dan Shopee, Blibli, dan Zalora.

E-commerce yang paling banyak dipilih konsumen melalui ShopBack adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.ID, dan Blibli. Sebanyak 42% penggunanya berusia 24-34 tahun. Lalu, 29% berumur 34-44 tahun dan 18% lebih dari 45 tahun.

Festival Belanja Online melalui ShopBack

Untuk menggaet lebih banyak konsumen, perusahaan ini mengadakan pesta belanja online yang diberi nama ShopFest sejak September-Desember 2019. Festival ini dilakukan empat kali setiap bulannya yakni 9 September (9.9), 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11), dan 12 Desember.

Jeol Leong menargetkan lebih dari 8 juta konsumen unik atau per individu berpartisipasi dalam acara ShopFest ini. ShopBack pun menggandeng 100 e-commerce untuk menyelenggarakan acara ini.

Ia optimistis, pesta diskon tersebut akan menarik banyak pengguna. Sebab, ShopBack mencatat transaksi naik 1,5 kali lipat dibanding hari biasa pada 9.9 sebelumnya. Begitu pun pada 10.10, biasanya pesanan meningkat sampai dua kali lipat.

Pesanan pada 11.11 biasanya naik tiga kali lipat dibanding hari biasa. Kemudian, pada hari belanja online nasional (Harbolnas), transaksinya bisa meningkat sampai 3,5 kali lipat.

(Baca: 14 E-Commerce Siap Gelar Pesta Diskon 9.9 Super Shopping Day)

Reporter : Abdul Azis Said (Magang)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN