Metamorfosa WhatsApp, dari Aplikasi Percakapan ke Platform Pembayaran

Pingit Aria
21 Agustus 2019, 20:56
Ilustrasi WhatsApp
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

WhatsApp dikabarkan bakal menyediakan layanan pembayaran di Indonesia. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu pun sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan GoPayOVO, dan DANA.

Sumber Reuters mengatakan, layanan bernama WhatsApp Payments itu akan berfungsi sebagai platform yang mendukung pembayaran melalui dompet digital. “Model di Indonesia akan menjadi tempat bagi WhatsApp untuk diadopsi di negara berkembang lainnya,” demikian dikutip dari Reuters, Selasa (20/8).

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Jika dilihat dari fungsinya, WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS, tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet.

(Baca: WhatsApp Dikabarkan Akan Sediakan Layanan Pembayaran di Indonesia)

Selain itu, karena berbasis internet, WhatsApp memiliki fitur yang lebih kaya. Selain berkirim teks, WhatsApp juga dapat digunakan untuk bertukar kontak, mengirim foto dan video dari galeri maupun kamera, dokumen, hingga lokasi. Selain itu, WhatsApp juga dapat digunakan untuk bertelepon dan panggilan video.

Grafik:

WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009 oleh mantan pegawai Yahoo, Brian Acton dan Jan Koum. Bermodalkan tabungan sebesar US$ 400 ribu, mereka bekerja sama dengan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...