Pertumbuhan Ekonomi Terancam, BI Pangkas Lagi Bunga Acuan Jadi 5,5%

Agatha Olivia Victoria
22 Agustus 2019, 14:30
perry warjiyo, bank indonesia
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Bank indonesia pada hari ini, Kamis (22/8) mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur terkait suku bunga acuan.

Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga acuannya atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (7-DRRR) sebesar 25 bps menjadi  5,5%, meneruskan penurunan pada bulan lalu sebesar 25 bps.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan suku bunga fasilitas simpanan (deposit facility) juga diturunkan 25 bps menjadi 4,75%,  demikian pula dengan suku bunga pinjaman (lending facility) yang turun 25 bps menjadi 6,25%.

"Dengan melakukan asessment kondisi global maupun domestik, Rapat Dewan Gubernur BI 21-22 Agustus 2019 memutuskan untuk menurunkan 25 bps menjadi 5,5%," ujar Perry dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI di Jakarta, Kamis (22/8).

(Baca: Trump: Saya yang Terpilih Hadapi Tiongkok)

Kebijakan tersebut, menurut Perry, konsisten dengan perkiraan inflasi yang akan berada di bawah titik tengah perkiraan BI sebesar 3,5%. Keputusan tersebut juga dinilai tetap menarik bagi imbal hasil investasi aset keuangan domestik dan mendukung stabilitas ekonomi dari sisi eksternal.

"Kebijakan makro prudensial juga tetap akan akomodatif untuk mendorong kredit perbankan termasuk pembiayaan ramah lingkungan," jelas dia. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...