Tukar Uang yang Dimakan Rayap Rp 5,4 Juta, BI Ganti Rp 1 Juta

Penulis: Agatha Olivia Victoria

Editor: Agustiyanti

22/8/2019, 19.23 WIB

Bank Indonesia mengaku telah mengganti uang milik Putri Buddin yang termakan rayap sebesar Rp 1 juta dari total uang yang ditukarkannya Rp 5,4 juta.

uang, uang dimakan rayap
Twitter/@putribuddin
Uang milik Putri Buddin yang termakan rayap akibat disimpan didalam lemari. Cuitan Putri yang mengaku uang milikinya Rp 10 juta raib dimakan rayap mendadak viral di media sosial

Bank Indonesia (BI) mengaku telah mengganti uang milik Putri Buddin yang dimakan rayap dan sempat viral di media sosial. Namun, dari Rp 5,4 juta uang yang ditukarkan Putri, hanya Rp 1 juta yang kemudian diganti oleh BI.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi menjelaskan Putri sudah menukarkan uangnya ke Bank Indonesia. Namun sesuai ketentuan, menurut dia, BI hanya bisa mengganti Rp 1 juta uang milik Putri dari Rp 5,4 juta yang dibawa ke BI untuk ditukarkan.

"Karena sesuai ketentuan BI, jika yang rusak sudah lebih dari dua pertiga, itu tidak bisa ditukarkan. Jadi dari Rp 5,4 juta uang yang ditukarkan, kami sudah ganti Rp 1 juta," ujar Rosmaya dalam Konferensi Pers usai Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (22/8).

(Baca: Bunga Kredit Baru Turun 0,06%, BI Jaga Kecukupan Likuiditas Bank)

Rosmaya mengimbau masyarakat untuk menyimpan uang dengan benar agar tak mudah rusak, apalagi termakan rayap seperti yang dialami Putri.

Ia kembali mengingatkan untuk menerapkan 5 J dalam menyimpan uang, yakni jangan dilipat, jangan distreples, jangan diremas, jangkan dibasahi, dan jangan dicoret.

(Baca: BI Pangkas Lagi Bunga Acuan, Rupiah Menguat Tipis)

Cuitan Putri yang mengaku seluruh uang yang disimpannya di dalam lemari termakan rayap di Twitter  sempat viral. Adapun total uang milik Putri yang termakan rayap mencapai Rp 10 juta.

Setelah bercerita di Twitter, banyak warganet yang kemudian menyarankan Putri untuk menukarkan uangnya ke BI. Ia pun mengaku hanya bisa menyelamatkan uangnya sebesar Rp 5,4 juta untuk ditukar di BI, tetapi hanya Rp 1 juta yang berhasil diganti dengan uang pecahan Rp 10 ribu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN