Jasa Marga Usulkan Kenaikan Tarif Tol Jagorawi dan Banyak Ruas Tol

Image title
Oleh Antara
23 Agustus 2019, 17:55
Jasa Marga, Tarif Tol, Tol Jagorawi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat (20/5). pembangunan konstruksi GT Cikampek Utama telah mencapai 82,61%, sedangkan GT Kalihurip Utama 83,25%. Secara keseluruhan, dirinya menyatakan siap dioperasikan pada 23 Mei 2019.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), Desi Arryani mengkonfirmasi perusahaan tengah mempertimbangkan pengajuan penyesuaian tarif sejumlah ruas tol ke pemerintah. Penyesuaian atau kenaikan tarif tol dilakukan sebagai salah satu cara mengembalikan investasi kepada pihak investor. 

Meski demikian, perusahaan belum bisa memastikan besaran tarif yang akan diajukan. "Banyak ruasnya," kata Desi di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Jumat (23/8) dikutip dari Antara.

Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru sebelumnya menyatakan perusahaan mengusulkan penyesuaian tarif untuk sejumlah ruas tol, salah satunya tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi). Selain itu, ada pula beberapa ruas yang secara jadwal naik seperti Jakarta-Tangerang, dan Tol Dalam Kota.

(Baca: Lama Dinanti, Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Akhir Tahun)

Menurutnya, kenaikan tarif bisa dilakukan asalkan memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang mana secara berkala dievaluasi oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Kenaikan tarif  juga bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pertumbuhan tingkat inflasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...