Kebijakan The Fed Belum Pasti, Rupiah dibuka Melemah 1 Poin Pagi Ini

Agatha Olivia Victoria
23 Agustus 2019, 09:46
nilai tukar, rupiah, dolar amerika serikat, dolar
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Rupiah melemah 1 poin terhadap dolar AS pada pembukaan perdagangan pagi ini, Jumat (23/8), ke level Rp 14.240 per dolar AS. Pelemahan dipicu sikap 'wait and see' pasar yang menantikan kebijakan suku bunga acuan bank sentral AS, The Fed.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah tipis pada pagi hari ini, Jumat (23/5). Mengutip Bloomberg, rupiah dibuka pada level Rp 14.240 per dolar AS atau melemah 1 poin dibanding penutupan kemarin sore di level Rp 14.239 per dolar AS.

Peneliti Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira memperkirakan, rupiah hari ini akan melemah tipis dipengaruhi oleh pasar yang menantikan arah kebijakan suku bunga bank sentral AS, The Federal Reserve atau The Fed.

"Rupiah hari ini akan melemah ke Rp 14.260 - Rp 14.290 per dolar AS. Penyebabnya pasar masih berspekulasi terkait arah kebijakan the Fed yang akan kembali pangkas bunga acuan di bulan September," katanya saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (23/8).

Ia menjelaskan, hal ini membuat investor kembali memegang dolar AS. Adapun indeks dolar AS konsisten menguat 0,11% di penutupan kemarin menjadi 98,2.

(Baca: BI Pangkas Lagi Bunga Acuan, Rupiah Menguat Tipis)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...