Ma'ruf Amin Minta Sri Mulyani Ketuai Ikatan Ahli Ekonomi Islam

Agatha Olivia Victoria
23 Agustus 2019, 18:44
Sri Mulyani Indrawati
@smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Ma'ruf Amin menilai Sri Mulyani pantas menjadi Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengatakan Sri Mulyani Indrawati pantas menjadi Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI). Posisi Ketua IAEI saat ini dijabat oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro yang masa jabatannya habis hari ini, Jumat (23/8).

Bambang tidak bisa lagi menjadi Ketua IAEI karena sudah menjabat lebih dari dua periode. "Beliau tidak mungkin menjadi tiga kali. Maka dia tidak bersedia," ucap Ma'ruf saat membuka acara di The Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (23/8).

Beberapa anggota lainnya pun belum bersedia menjadi ketua IAEI. Maka dari itu, Sri Mulyani dianggap cocok menjadi ketua IAEI selanjutnya.

 "Setelah berkonsultasi dengan beberapa pihak dan tokoh yang paling tepat pimpin IAEI adalah Ibu Sri Mulyani," katanya.

(Baca: Sri Mulyani: Indonesia Harus Waspadai Resesi)

Keputusan tersebut pun disetujui oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, dan Ketua Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

Beberapa anggota IAEI juga terlihat sangat mengharapkan Sri Mulyani menjadi ketua umum. Ini terlihat dari tepuk tangan yang meriah setiap Sri Mulyani disinggung sebagai calon ketua IAEI yang baru.

Terkait hal ini, Sri Mulyani hanya tersenyum setiap kali disebut sebagai calon ketua IAEI yang baru. "Saya daritadi sudah disebut-sebut ya sebagai calon ketua umum IAEI," katanya saat mengisi diskusi panel.

(Baca: Sri Mulyani dan Susi Pudjiastuti Dianggap Layak Jadi Menteri 2 Periode)

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...