Masih Terbantu Penurunan Bunga BI, Rupiah Menguat Tipis

Agustiyanti
23 Agustus 2019, 17:17
rupiah, dolar as, nilai tukar
KATADATA/ Arief Kamaludin
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini menguat 0,17% ke level Rp 14.215 per dolar AS, masih terbantu kebijakan penurunan bunga BI.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini menguat 0,17% atau 24 poin ke level Rp 14.215 per dolar AS. Penguatan rupiah antara lain masih didorong efek penurunan bunga acuan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) kemarin.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah hari ini di level Rp 14.249 per dolar AS, melemah dari posisi kemarin Rp 14.234 per dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan indeks dolar pada hari ini sebenarnya bergerak menguat. Namun, kebijakan penurunan bunga acuan BI dinilai masih memberikan dampak positif pada pergerakan rupiah hari ini.

 (Baca: Pertumbuhan Ekonomi Terancam, BI Pangkas Lagi Bunga Acuan Jadi 5,5%)

"Pada perdagangan sore ini rupiah menguat sebagai imbas dari penurunan bunga BI kemarin walaupun penguatannya tipis," ujar Ibrahim.

Sementara dari sisi eksternal, menurut dia, pergerakan rupiah dipengaruhi oleh aksi pasar yang masih fokus menunggu komentar anggota The Federal Reserve pada pertemuan tahunan bank sentral.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...