Gopay Rambah Layanan Pembayaran untuk Pembuatan dan Perpanjangan SIM

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Ekarina

26/8/2019, 21.48 WIB

Inovasi ini juga akan diterapkan di wilayah Polda Metro Jaya lainnya, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas.

gopay gojek
Arief Kamaludin|KATADATA
GoPay memberi alternatif masyarakat yang ingin melakukan transaksi nontunai pengumpulan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dalam bentuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

Platfrom pembayaran digital GoPay semakin gencar memperluas ekosistem bisnisnya. Terbaru, perusahaan kini bisa melayani pembayaran pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui kerja sama perdananya dengan Polda Metro Jaya.

Layanan tersebut, GoPay  memberi alternatif  masyarakat yang ingin melakukan transaksi nontunai pengumpulan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dalam bentuk pembuatan dan perpanjangan SIM.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, instansinya berupaya meningkatkan layanan publik. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan aplikasi dalam sistem  layanan pembayaran SIM. 

(Baca: GoPay, OVO hingga LinkAja Tanggapi Biaya Transaksi Kode QR 0,7%)

"Kami berharap inovasi ini akan membantu kami memberikan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun juga bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik," ujar Yusuf dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (26/8).

Yusuf melanjutkan, layanan transaksi nontunai PNBP SIM tersebut kini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot Jakarta Barat. Ke depan, inovasi ini juga akan diterapkan di wilayah Polda Metro Jaya lainnya, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas.

Adapun cara bertransaksi PNBP SIM dengan GoPay sama seperti saat melakukan transaksi di merchant pada umumnya. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi GoJek, lalu pilih menu 'Bayar' dan pindai kode QR yang tertera di loket pembayaran PNBP SIM. Kemudian, masukan nominal uang yang harus dibayar dan melakukan konfirmasi pembayaran kepada petugas setempat.

Head of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono mengatakan, perusahaan menyambut baik kolaborasi tersebut demi meningkatkan layanan publik melalui teknologi pembayaran nontunai.

"Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya untuk memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan," ujar Edwin.

(Baca: Tak Perlu Kartu Kredit, GoPay Bisa Untuk Pembayaran di Google Play)

Edwin menjelaskan, sebelumnya Gojek dan GoPay juga telah melakukan kerja sama dengan sejumlah Polres di 9 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia seperti di wilayah Gresik, Mojokerto, Bekasi, Sidoarjo, Surabaya, dan Samarinda. Hanya, kerja sama tersebut baru mencakup layanan transaksi pembayaran perpanjangan SIM saja melalui GoPay.

Ia berharap, Polres dan Polda di wilayah lainnya di Indonesia bisa segera memanfaatkan layanan Gopay ke depan. "Intinya, kami terbuka untuk berkolaborasi dengan instansi lainnya. Jadi ditunggu saja (wilayah-wilayah Polres lainnya)," ujarnya.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan