Gubernur Kaltim Sebut Lokasi Detail Ibu Kota Baru di Samboja & Sepaku

Michael Reily
26 Agustus 2019, 16:40
ibu kota baru, Kalimantan Timur, Samboja, Sepaku
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla dan pejabat terkait memberikan keterangan pers terkait rencana pemindahan Ibu Kota Negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mendetailkan dua kecamatan yang menjadi calon ibu kota baru. Dia menyebutkan dua kecamatan dengan luas 40 ribu hektare yakni Samboja dan Sepaku yang masing-masing berada di Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara. 

"Samboja itu Kabupaten Kutai Kertanegara, Sepaku itu Penajam Paser Utara," kata Isran kepada wartawan usai konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8).

(Baca: Jokowi Beberkan Lima Alasan Ibu Kota Pindah ke Kaltim)

Isran mengungkapkan pemerintah bakal mengembangkan ibu kota hingga seluas 180 ribu hektare. Sehingga, pengembangan lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur tidak hanya ada di dua kecamatan itu.

Dia mengusulkan lahan yang disediakan mencapai 250 ribu hektare. Dia juga mengungkapkan usulan lahan untuk ibu kota baru sebagian besar merupakan kepemilikan pemerintah. "Milik negara itu kewenangan penuh negara," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...