Jokowi Beberkan Lima Alasan Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Michael Reily
26 Agustus 2019, 14:40
Jokowi, Pindah Ibu Kota, Kalimantan Timur.
Kementerian PUPR
Ilustrasi desain ibu kota baru. Presiden Jokowi hari Senin (26/8) tetapkan dua kabupaten di Kalimangtan Timur sebagai ibu kota baru RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan lima alasan wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dipilih sebagai ibu kota baru. Hal ini disampaikan Jokowi saat konferensi pers soal pemindahan ibu kota di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/8).

Jokowi memaparkan alasan pertama adalah minimnya risiko bencana alam yang akan melanda ibu kota baru. Dia menyebut dua kabupaten tersebut minim bencana banjir, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, gempa bumi, hingga tanah longsor. "Risiko bencana minimal,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Resmi Tetapkan Dua Kabupaten di Kaltim Jadi Calon Ibu Kota Baru)

Faktor kedua adalah lokasi Kalimantan Timur yang strategis di tengah Indonesia. Ketiga adalah dekatnya ibu kota baru dengan dua kota yang telah ada dan terus berkembang yakni Balikpapan dan Samarinda. Alasan keempat ialah infrastruktur Kalimantan Timur yang relatif lengkap.

“Kelima, sudah tersedia lahan dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektare,” kata Jokowi. 

Jokowi juga menjelaskan pindah ibu kota ke Kalimantan merupakan salah satu cara mengurangi kesenjangan Jawa dengan luar Jawa. Selain itu, pemerintah juga sedang memacu hilirisasi industri Sumber Daya Alam (SDA) di luar Jawa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...