Kominfo Kaji Bangun Palapa Ring Khusus di Kalimantan

Cindy Mutia Annur
26 Agustus 2019, 15:38
kominfo kaji infrastruktur telekomunikasi di ibu kota baru
Katadata/Cindy Mutia Annur
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengkaji pembangunan infrastruktur telekomunikasi di ibu kota baru, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa ibu kota negara pindah dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun tengah mengkaji pembangunan infrastruktur telekomunikasi di wilayah itu.

Menteri Kominfo Rudiantara menyampaikan, jaringan telekomunikasi pita lebar (broadband) di Kalimantan Timur sudah tersedia baik oleh operator maupun pemerintah. “Hanya, kami harus tingkatkan lagi keandalannya. Mungkin 5-10 tahun direct gateway ke internasional dari Kalimantan,” kata dia di kantornya, Jakarta, Senin (26/8).

Advertisement

Ia menjelaskan, trafik komunikasi di Kalimantan tidak lagi melalui DKI Jakarta. Ia pun mengkaji agar layanan ini dapat digunakan untuk skala internasional. “Ini mungkin dirancang seberapa besar trafik, karena nanti ada jutaan orang yang pindah, jadi penghuni baru. Kala trafik internasional tinggi, kenapa tidak dipikirkan suatu saat (skalanya global),” katanya.

Hanya, pembahasan mengenai hal itu belum dikaji detail oleh pemerintah. Rudiantara mengatakan bahwa akan ada diskusi dengan perusahaan telekomunikasi mengenai jaringan di wilayah ibu kota baru itu. Salah satunya, ia mengkaji pembangunan Palapa Ring khusus untuk Kalimantan.

(Baca: Konstruksi Mulai 2020, Begini Jadwal Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim)

Palapa Ring khusus ini dibuat untuk meningkatkan keterandalan jaringan di Kalimantan. Nantinya, infrastruktur telekomunikasi ini akan dibangun di bahu jalan perbatasan, yang telah dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Batas Indonesia dengan Malaysia itu kurang lebih 300 kilometer. Di bahu jalan kami akan bangun fiber optik, sehingga nanti Kalimantan ring-nya akan semakin bagus," kata Rudiantara.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement