Baru Tiga Blok Migas Laku Dilelang, Investasi Migas Dinilai Masih Lesu

Image title
27 Agustus 2019, 15:38
lelang blok migas, kementerian esdm,
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah rampung menyelenggarakan lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahap I dan tahap II 2019. Adapun dari hasil lelang yang sudah dilakukan, hanya tiga blok migas yang laku.

Rinciannya yakni dua blok migas hasil lelang tahap I tahun 2019, yaitu Blok Anambas di lepas pantai Kepulauan Riau dan Blok Selat Panjang yang berlokasi di daratan Riau. Sementara satu blok migas lainnya yaitu blok West Ganal di lepas pantai Selat Makassar, merupakan hasil lelang tahap II yang baru saja diumumkan.

Advertisement

Menanggapi hal itu, Pendiri ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto menilai jika investasi hulu migas di Indonesia masih kurang dilirik investor. Menurutnya kondisi tersebut relatif masih sama sejak tahun 2016. Ia pun membandingkan dengan periode sebelum tahun 2014 yang masih banyak mendapatkan pemenang lelang.

"Relatif datar-datar saja. Periode sebelum 2014, sebelum harga minyak rendah, kan kita sudah sering mendapatkan pemenang hasil lelang dengan jumlah yang lebih banyak," ujar Pri Agung kepada Katadadata.co.id, Selasa (27/8).

(Baca: Kementerian ESDM Hanya Dapat Satu Pemenang Lelang Blok Migas)

Dikonfirmasi secara terpisah Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menilai variable penentu lelang diminati atau tidaknya sebenarnya cukup banyak. Menurutnya, dari sekian variabel tersebut umumnya ketersediaan data yang bagus menjadi kunci.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement