Harga Minyak Sempat Turun 1% Seiring Prospek Pasokan Naik dari Iran

Image title
27 Agustus 2019, 09:48
Harga Minyak, Iran, Amerika Serikat.
Katadata
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak dunia Senin (26/8) turun imbas potensi perundingan Iran-AS.

Harga minyak dunia sempat turun pada perdagangan Senin (26/8) waktu New York, di tengah prospek peningkatan pasokan minyak mentah dari Iran. Ini terjadi setelah presiden Prancis Emmanuel Macron menyinggung potensi kesepakatan mengenai nuklir antara Amerika Serikat (AS) dan Iran.

Mengutip Reuters, harga minyak berjangka jenis Brent turun 1,1% menjadi US$ 58,70 per barel setelah mencapai sesi tertingginya US$ 60,17. Sedangkan minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS hanya naik 1%, menjadi US$ 53,64 per barel.

Tahun lalu, Presiden AS Donald Trump meninggalkan perjanjian nuklir Iran dan negara lainnya, dengan alasan ingin memperoleh kesepakatan yang lebih besar dengan Teheran. Kesepakatan tersebut utamanya terkait pembatasan program rudal balistik. Untuk menekan Iran, Trump pun memperketat sanksi dagang guna menyetop ekspor minyak dari negara tersebut.

"Sekarang pasar sedang mempertimbangkan kemungkinan pasokan minyak Iran masuk ke pasar jika ada kemajuan yang dibuat," kata analis Price Futures Group, Phil Flynn dilansir dari Reuters, Selasa (27/8).

(Baca: Perang Dagang AS-Tiongkok Berlanjut, Harga Minyak Anjlok Hampir 2%)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...