IHSG Diramal Lanjutkan Penguatan, Ini Beberapa Saham Rekomendasi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Ameidyo Daud Nasution

28/8/2019, 07.43 WIB

Saham beragam sektor masuk rekomendasi, termasuk sektor infrastruktur.

IHSG, Bursa, Saham.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (22/7/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari Rabu (28/8) diprediksi bergerak variasi.

Beberapa analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Rabu, 28 Agustus 2019, akan melanjutkan penguatan yang terjadi pada perdagangan kemarin. Indeks ditutup menguat 1,02% ke level 6.278,17, kemarin. Ini berdasarkan analisis teknikal.

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya menilai peluang indeks untuk dapat kembali menembus resistance cukup besar. Hal itu ditopang oleh kondisi fundamental perekonomian yang cukup kuat, serta arus masuk (capital inflow) yang terlihat masih cukup deras mengalir ke pasar modal Indonesia.

Tercatat investor asing melakukan aksi beli bersih di pasar modal sebesar Rp 55,53 triliun sejak awal tahun hingga kemarin (year to date). "Stabilnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga turut menjadi salah satu faktor penunjang," kata William dalam risetnya.

(Baca: Katadata Market Index: Tertekan Perang Dagang, IHSG Agustus Bearish)

Prediksi dia, IHSG hari ini bakal bergerak di antara level 6.123 hingga 6.302. Rekomendasi saham dari William yaitu Surya Citra Media (SCMA), Kalbe Farma (KLBF), Mayora Indah (MYOR), Nippon Indosari Corpindo (ROTI), Astra International (ASII), Bank Negara Indonesia (BBNI), Pembangunan Perumahan (PTPP), Total Bangun Persada (TOTL), Gudang Garam (GGRM), dan Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP).

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG hari ini. Nafan memprediksi support pertama maupun kedua berada pada rentang 6.214,51 hingga 6.161,66. Sedangkan resistance pertama dan kedua berada pada rentang 6.319,44 hingga 6.381,54. "Sehingga berpeluang menuju ke area level resistance terdekat," katanya.

Rekomendasi saham dari Nafan yaitu Bank Permata (BNLI), Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMFI), Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP), Kimia Farma (KAEF), Summarecon Agung (SMRA), dan Timah (TINS).

(Baca: Tawari Properti di Ibu Kota Baru, Harga Saham Agung Podomoro Naik 7,7%)

Di sisi lain, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi melihat, peluang penguatan indeks terbatas. Artinya, masih ada potensi turun. "Kami perkirakan IHSG akan bergerak tertahan pada resistance MA200 dan berpotensi melemah terbatas dengan level support dan resistance 6.248-6.327," kata Lanjar.

Remonedasi saham dari Lanjar di antaranya Indah Kita Pulp & Paper (INKP), Waskita Beton Precast (WSBP), Wijaya Karya Beton (WTON), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Malindo Feedmill (MAIN), Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP), Bank Negara Indonesia (BBNI), Vale Indonesia (INCO), Adhi Karya (ADHI), Surya Citra Media (SCMA), dan Erajaya Swasembada (ERAA).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha