Sri Mulyani: Nilai Tukar Rupiah Tahun Depan Sulit Diprediksi

Agatha Olivia Victoria
28 Agustus 2019, 16:53
sri mulyani, nilai tukar, rupiah, ekonomi global
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan Indonesia dalam acara Knowledge sector Intiative Katadata forum dengan tema \"Mencari model Pengelolaan Dana dan Pengorganisasian Riset untuk Indonesia\" di The Energy Building, Jakarta Pusat (31/7). \ Menkeu Sri Mulyani menilai pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di 2020 akan sulit diprediksi lantaran ketidakpastian ekonomi global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, nilai tukar rupiah di 2020 akan sulit diprediksi. Adapun berdasarkan asumsi makro pada Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, nilai tukar rupiah di 2020 diperkirakan berada pada kisaran Rp 14.400 per dolar AS.

"Kisaran Rp 14.400 ini mungkin adalah yang paling sulit untuk diprediksi," ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8).

Advertisement

Ia menyebutkan, kesulitan ini lantaran kondisi ekonomi global yang masih tidak pasti. Ketidakpastian tersebut merupakan dampak dari berlanjutnya perang dagang Amerika Serikat (AS)-Tiongkok, serta kebijakan proteksionisme dan perubahan arah kebijakan moneter AS.

Namun, Sri Mulyani juga melihat bahwa masih ada beberapa faktor yang bisa mendukung penguatan rupiah terhadap dolar AS. "Faktor itu yakni fundamental ekonomi Indonesia yang relatif baik dibandingkan emerging country yang lain," katanya.

(Baca: Tensi Perang Dagang AS-Tiongkok Mereda, Rupiah Justru Melemah)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement