Banggar DPR Setujui Anggaran Tiga Kementerian Koordinator untuk 2020

Agatha Olivia Victoria
29 Agustus 2019, 18:35
dpr setujui anggaran tiga kemenko, banggar, dpr
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Banggar DPR telah menyetujui pagu anggaran 2020 untuk tiga kementerian koordinator (Kemenko). Namun Banggar belum membahas anggaran untuk Kemenko Maritim lantaran Menteri Luhut tidak hadir dalam pembahasan di DPR hari ini, Kamis (28/8).

Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pagu anggaran 2020 tiga kementerian koordinator yakni Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) serta Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Kemenko Polkumham).

Adapun hanya satu pagu anggaran 2020 kementerian koordinator yakni Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang belum disetujui.

"Karena Pak Menteri Luhut tidak bisa datang jadi mohon maaf belum bisa dibahas," ucap Ketua Banggar Kahar Muzakir dalam rapat Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga RAPBN 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/8).

Adapun secara rinci, pagu anggaran ketiga kementerian koordinator pada 2020 dinilai Banggar terlihat mengalami penurunan. Hal ini tentunya sejalan dengan visi pemerintah yang ingin melakukan efisiensi belanja pada tahun depan untuk menyehatkan APBN.

(Baca: RUU APBN 2019 Disetujui, Target Defisit Anggaran Rp 296 Triliun)

Secara rinci, pagu anggaran untuk Kemenko PMK yang disetujui yakni sebesar Rp 242,2 miliar. Jumlah ini terbagi untuk dua program kerja utama Kemenko PMK.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...