Fokus Jadi SuperApps, Ralali Targetkan Transaksi Naik 5 Kali Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
29 Agustus 2019, 19:54
Ralali, startup
123rf
Ilustrasi, layanan aplikasi di ponsel. Ralali fokus menjadi super apps sehingga daapt meningkatkan transaksi hingga 5 kali lipat.

Platform marketplace B2B, Ralali, ingin menjadi aplikasi super (super apps) yang mampu menghadirkan berbagai layanan. Dengan begitu, perusahaan dapat mendorong pertumbuhan transaksi hingga lima kali lipat pada tahun ini (year on year/YoY).

Founder dan CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan konsep super apps yang ingin dicapai adalah satu aplikasi yang nantinya bisa melakukan banyak hal tak hanya dari sisi pembeli atau penjual namun juga stakeholder lainnya. Saat ini perusahaan telah memiliki 20 layanan dalam ekosistemnya seperti digital goods, fintech, marketplace, logistic system, hingga Big Agents (marketplace pekerjaan).

Dengan 20 layanan tersebut, Aditya mencatat rata-rata jumlah transaksi perusahaan telah tumbuh hingga empat kali lipat. Bahkan pada tahun lalu, jumlah transaksi perusahaan mencapai sekitar Rp 10 triliun.

Dia optimistis perusahaan dapat mendorong jumlah transaksinya hingga akhir tahun ini. "Kami cukup berekspetasi lebih, mungkin kami bisa mencapai lima kali lipat dibanding tahun lalu," ujar Aditya saat ditemui di Jakarta, Kamis (29/8).

(Baca: Daftar Pesta Belanja Online yang Sayang Dilewatkan Jelang Akhir Tahun)

Ia menjelaskan, penetrasi bisnis Ralali di Indonesia sudah menjangkau lebih dari 750 ribu usaha kecil mikro menengah (UMKM) di 25 provinsi. Sedangkan, penetrasi bisnis di mancanegara telah merambah hingga Singapura dan Thailand.

Ke depan, perusahaan ingin fokus merambah bisnisnya ke wilayah Asia Tenggara seperti Vietnam dan Filipina. "Mungkin tahun depan. Lalu ada beberapa negara lain juga, mirip-mirip dengan Indonesia. Di mana negara tersebut banyak penduduknya, butuh pekerjaan juga," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...