Jokowi Klaim Pembangunan Bandara Kulonprogo yang Tercepat di Dunia

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2019, 14:00
jokowi, bandara internasional yogyakarta, kulonprogo
ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO
Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5). Presiden Jokowi mengklaim pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo adalah yang tercepat di dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo merupakan yang tercepat di dunia. Alasannya, perkembangan pembangunan bandara yang dimulai pada Januari 2017 itu hingga saat ini telah mencapai 74%.

Pembangunan itu dimulai dengan tahapan persiapan dan penatan lahan di lokasi pembangunan seluas 587 hektare. Ada pun, konstruksi bandara tersebut dimulai pada Juli 2017.

“Ini adalah pekerjaan pembangunan airport yang paling cepat di Indonesia, mungkin juga di dunia,” kata Jokowi saat peninjauan Bandara Internasional Yogyakarta,  Kabupaten Kulonprogo, Kamis (29/8).

Selain cepat, Jokowi menilai kualitas pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta baik. Hal itu, kata dia, dapat terlihat dari lancarnya pendaratan pesawat Boeing 777 dengan kapasitas penuh di Bandara Internasional Yogyakarta. “Karena memang kualitas runway-nya sebuah kualitas yang padat,” kata Jokowi.

(Baca: Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo Beroperasi Bulan Ini)

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa Bandara Internasional Yogyakarta dapat menampung 20 juta orang setiap tahunnya. Selisih kapasitas penumpang Bandara Internasional Yogyakarta ini berbeda jauh jika dibandingkan dengan Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. yang hanya dapat menampung 1,8 juta orang.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...