Tiga PLTS Resmi Beroperasi, Daya Listrik NTB Capai 260 Ribu MW

Image title
29 Agustus 2019, 17:26
Kementerian ESDM, PLTS
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Ilustrasi, panel surya atap. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau tiga PLTS yang baru beroperasi di NTB. Daya listrik NTB pun bertambah menjadi 260 Ribu MW.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau tiga proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sejak beroperasi komersil pada awal Juli 2019 lalu, tiga PLTS tersebut menambah daya listrik NTB sebesar 21 mega watt peak (MWp).  

Dengan tambahan daya itu, NTB menjadi provinsi dengan pengoperasian PLTS terbesar. "Untuk sebuah sistem dengan sistem seperti Mataram kalau dibandingkan dengan total daya mampu yang ada, secara prosentase ini yang paling besar," ujar Jonan berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (29/8)

Saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu pasok sebesar 260,473 MW dengan beban puncak sebesar 233,188 MW. Ada pun cadangan daya di NTB mencapai 27,285 MW.

Ketiga PLTS yang dikelola pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) ini adalah PLTS Pringgabaya (7 MWp), PLTS Selong (7 MWp) dan PLTS Sengkol (7 MWp). PLTS tersebut mampu melistriki setara 19.605 rumah tangga pelanggan 900 VA.

(Baca: Tekan Emisi, Jokowi Diminta Gunakan Energi Terbarukan di Ibu Kota Baru)

Selain meningkatkan kapasitas pembangkit dari sumber energi terbarukan, biaya pokok pembangkitan dari PLTS juga menghasilkan potensi penghematan sebesar Rp 1.002,84 per-kWh jika dibandingkan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

"Keuntungan menggunakan PLTS ini, pertama, mengurangi emisi gas buang atau polusi, mengurangi pemanasan global, efek rumah kaca dan sebagainya, kami kurangi dengan membuat listrik dari tenaga surya," kata Jonan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...