Jokowi Berencana Batasi Pengunjung Candi Borobudur

Dimas Jarot Bayu
30 Agustus 2019, 11:37
Jokowi, Candi Borobudur
ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy (kanan), Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua kanan), Seskab Pramono Anung (ketiga kanan) dan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (kiri) menjawab pertanyaan dari wartawan seusai mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2019). Jokowi rencananya akan membatasi pengunjung Candi Borobudur.

Presiden Joko Widodo berencana melakukan pembatasan akses kunjungan turis ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Hal itu bakal dilakukannya jika jumlah turis yang datang ke Candi Borobudur terlalu banyak.

Terlebih, pemerintah sedang berupaya menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu dari empat destinasi prioritas di Indonesia. “Nanti kalau sudah ada kondisi yang betul-betul padat sekali, baru akan ada berapa yang boleh naik. Dibatasi, pasti ada pembatasan itu,” kata Jokowi di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/8).

Rencana pembatasan akses pengunjung ke bangunan Candi Borobudur bertujuan melestarikan tempat bersejarah tersebut. Sebab jika terlalu banyak turis yang datang, dikhawatirkan situs yang didirikan sejak abad kedelapan itu dapat rusak.

Saat ini saja sudah ada bagian di Candi Borobudur yang ambles. “Karena kan tadi juga sudah ada penurunan sedikit,” kata Jokowi.

Hanya saja, pembatasan akses pengunjung ke bangunan Candi Borobudur saat ini belum diberlakukan. Sebab, Jokowi menilai belum terlalu banyak turis yang datang ke Candi Borobudur.

(Baca: Penataan Borobudur Lambat, Jokowi Tagih Kinerja Para Menteri Terkait)

Makanya Jokowi memerintahkan jajarannya untuk segera menyelesaikan penataan fisik Candi Borobudur. Dia juga meminta adanya percepatan terkait urusan kelembagaan dan tata kelola Candi Borobudur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...