Penataan Borobudur Lambat, Jokowi Tagih Kinerja Para Menteri Terkait

Dimas Jarot Bayu
30 Agustus 2019, 10:57
Jokowi, Candi Borobudur
Katadata/Dimas Jarot Bayu
Presiden Jokowi saat meninjau Candi Borobudur bersama rombongan menteri kabinet kerja pada Jumat (30/8). Jokowii menilai kemajuan pengembangan Candi Borobudur berjalan lambat. Jokowi menagih kinerja menteri terkait.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai pengembangan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah berjalan lambat. Menurut Jokowi, masih banyak hal yang perlu dikerjakan agar Candi Borobudur dapat menjadi salah satu destinasi prioritas.

Hal ini disampaikan Jokowi pasca-meninjau Candi Borobudur pada Jumat (30/8). “Saya melihat progress di lapangan menurut saya masih belum cepat, masih lambat,” kata Jokowi ketika membuka Rapat Terbatas di Hotel Plataran Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (30/8).

Kepala Negara pun meminta jajarannya segera merampungkan konektivitas antara Candi Borobudur dengan Bandara Internasional Yogyakarta. Dengan demikian, waktu tempuh dua lokasi tersebut bisa lebih singkat.

Hal itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah turis yang berkunjung. Apalagi, Bandara Internasional Yogyakarta telah memberikan slot tambahan untuk maskapai luar negeri.

(Baca: Menanti Suntikan Modal Pengusaha di 10 Bali Baru)

“Kita harapkan betul-betul di akhir 2020, produk ini betul-betul siap untuk dipromosikan secara besar-besaran, dan juga kita harapkan infrastruktur pendukung, baik airport, jalan menuju ke tempat-tempat yang kita telah dan akan kembangkan ini betul-betul bisa memberikan dukungan yang baik,” ujarnya.

Jokowi pun meminta percepatan terkait urusan kelembagaan dan tata kelola Candi Borobudur. Selain itu, Jokowi meminta rencana induk dan rencana detil pengembangan kawasan pariwisata Borobudur segera diselesaikan dan ditetapkan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...