Kerusuhan di Papua, Jumlah Penumpang Pesawat Bandara Sentani Naik 10%

Happy Fajrian
1 September 2019, 09:17
papua, kerusuhan papua, jumlah penumpang pesawat
ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Seorang warga membersihkan sampah seusai berlangsungnya aksi unjuk rasa di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). Sejumlah bangunan dan kendaraan terbakar saat aksi pada (29/8/2019).

Pascaaksi demo anarkis yang terjadi pada Kamis (29/8) di Abepura, Jayapura, Papua, jumlah penumpang pesawat dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura melonjak hingga 10% pada Sabtu (31/8) sore. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bandara Sentani Anthonius Praptono.

Dia mengatakan kenaikan aktivitas penumpang yang terbang melalui Bandara Sentani diduga karena aksi demo yang berakhir anarkis. “Memang terjadi kenaikan jumlah penumpang sekitar 10% dan diduga akibat demo anarkis,” jelasnya.

Berdasarkan laporan yang dia terima, dari maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang terbang dari Bandara Sentani total mengangkut 152 penumpang. Namun dari maskapai lainnya dia mengaku belum menerima laporan jumlah penumpang.

Pascaaksi demo anarkis yang sempat melumpuhkan aktivitas masyarakat, kondisi keamanan di Jayapura kini berangsur pulih dan warga mulai beraktivitas. Aktivitas masyarakat di pasar-pasar mulai berangsur normal, serta bahan bakar minyak muai kembali dipasok ke stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU.

(Baca: Polda Papua Tetapkan 30 Tersangka Kerusuhan di Jayapura)

Sebelumnya pada Kamis (29/8), massa yang berjumlah lebih dari 500 orang melakukan pelemparan, perusakan, dan pembakaran bangunan yang berada di pinggir jalan dalam perjalanan dari Abepura ke Jayapura setelah sebelumnya melakukan orasi di Lingkaran depan Kantor Pos Abepura.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...