Pekan Depan Musim Panen, Harga Cabai Diperkirakan Turun

Penulis: Rizky Alika

Editor: Happy Fajrian

2/9/2019, 19.44 WIB

Pekan depan sudah mulai memasuki masa panen cabai. Pasokan cabai diperkirakan akan mencapai 120 ton per hari.

harga cabai
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan cabai di pasar Benhil, Jakarta Pusat (18/12). Di masa panen cabai pekan depan, pasokan cabai di pasar akan kembali normal di kisaran 100-120 ton per hari, harganya akan turun menjadi Rp 35.000 per kg.

Seiring dengan mulai datangnya musim panen pada pertengahan September mendatang, harga cabai diperkirakan akan segera turun mulai pekan depan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perdagangan dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto.

"Produsen cabai akan mencapai panen cukup banyak pertengahan September. Dalam satu-dua minggu ini, kami yakin (harga) akan normal," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (2/9).

Ia memperkirakan, saat musim panen tiba, pasokan cabai di pasar akan mencapai 120 ton per hari, dan harganya akan turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram (kg). Adapun, pasokan cabai yang normal di pasar sekitar 100-120 ton per hari.

Saat ini, pasokan cabai di pasar masih sekitar 90 ton per hari, lebih banyak dibandingkan sebelumnya 60 ton per hari. Harga cabai saat ini berada di kisaran Rp 50-60 ribu per kg. Dia mengatakan, pasokan cabai saat ini sudah mendekati jumlah yang normal. "Prediksinya minggu ketiga September (normal)," ujarnya.

(Baca: Harga Cabai Melambung, Ada yang Mencapai Rp 100 Ribu per Kilogram)

Sementara, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan pihaknya selalu melakukan operasi pasar untuk menjaga harga cabai. "Sudah di 40 pasar daearah Jakarta, setiap hari dijual Rp 35 ribu per kg," kata dia.

Di sisi lain, Pemerintah juga telah memberikan bantuan berupa pompa dan optimalisasi sumber air yang ada. Sebab, panen cabai terlambat lantaran musim kemarau yang lebih panjang. Meski begitu, Agung juga optimistis harga cabai akan segera turun. "Minggu ini bakal turun (stok cabai) dan supply akan banyak," ujarnya.

Ia juga memastikan, pasokan cabai aman hingga akhir tahun. Panen cabai akan terjadi sebanyak tujuh kali lagi dan akan dilakukan panen 15 hari sekali hingga akhir tahun. Sementara itu luas lahan perkebunan cabai yang akan dipanen tercatat mencapai 12.000 hektare.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, rata-rata harga cabai rawit merah mencapai Rp 65.700 per kg. Sementara, cabai rawit hijau Rp 49.900 per kg. Kemudian, cabai merah keriting Rp 56.000 per kg dan cabai merah besar Rp 49.200 per kg.

(Baca: Kenaikan Harga Emas dan Cabai Memicu Inflasi Bulan Agustus)

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan