Pekan Depan Musim Panen, Harga Cabai Diperkirakan Turun

Rizky Alika
2 September 2019, 19:44
harga cabai
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan cabai di pasar Benhil, Jakarta Pusat (18/12). Di masa panen cabai pekan depan, pasokan cabai di pasar akan kembali normal di kisaran 100-120 ton per hari, harganya akan turun menjadi Rp 35.000 per kg.

Seiring dengan mulai datangnya musim panen pada pertengahan September mendatang, harga cabai diperkirakan akan segera turun mulai pekan depan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Perdagangan dalam Negeri Kementerian Perdagangan Suhanto.

"Produsen cabai akan mencapai panen cukup banyak pertengahan September. Dalam satu-dua minggu ini, kami yakin (harga) akan normal," kata dia di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (2/9).

Advertisement

Ia memperkirakan, saat musim panen tiba, pasokan cabai di pasar akan mencapai 120 ton per hari, dan harganya akan turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram (kg). Adapun, pasokan cabai yang normal di pasar sekitar 100-120 ton per hari.

Saat ini, pasokan cabai di pasar masih sekitar 90 ton per hari, lebih banyak dibandingkan sebelumnya 60 ton per hari. Harga cabai saat ini berada di kisaran Rp 50-60 ribu per kg. Dia mengatakan, pasokan cabai saat ini sudah mendekati jumlah yang normal. "Prediksinya minggu ketiga September (normal)," ujarnya.

(Baca: Harga Cabai Melambung, Ada yang Mencapai Rp 100 Ribu per Kilogram)

Sementara, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi mengatakan pihaknya selalu melakukan operasi pasar untuk menjaga harga cabai. "Sudah di 40 pasar daearah Jakarta, setiap hari dijual Rp 35 ribu per kg," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement