Sunarso dan Catur Dikabarkan Pimpin BRI

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

2/9/2019, 18.07 WIB

Formasi ini menggantikan formasi sebelumnya Suprajarto sebagai Dirut, dan Sunarso sebagai Wakil Dirut.

BRI, sunarso BRI, perubahan direksi bumn
KATADATA/Arief Kamaludin
Wakil Dirut BRI Sunarso diangkat menjadi Dirut BRI dalam RUPSLB, Senin, 2 September 2019.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dikabarkan mengangkat Sunarso menjadi Direktur Utama (Dirut) Bank Rakyat Indonesia (BRI), didampingi Catur Budi Harto sebagai Wakil Dirut. Ini menggantikan formasi sebelumnya Suprajarto sebagai Dirut, dan Sunarso sebagai Wakil Dirut.

Menurut informasi yang diterima katadata.co.id, pengangkatan tersebut telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Senin, 2 Agustus 2019. Selain Sunarso dan Catur, RUPSLB juga dikabarkan mengesahkan perubahan lain di posisi direktur.

Sunarso merupakan bankir senior. Ia menjabat Direktur Commercial and Business Banking Bank Mandiri pada periode 2010-2015, sebelum diangkat menjadi Wakil Dirut BRI pada 2015-2017. Ia diberhentikan dari posisinya itu dan dipindahkan menjadi Dirut Pegadaian. Posisi Wakil dirut BRI pun dihapuskan.

(Baca: Sunarso Calon Potensial BRI 1, Dipersiapkan Sejak Januari?)

Yang menarik, hanya setahun di Pegadaian, Sunarso dipulangkan. Dalam RUPSLB BRI 3 Januari lalu, Sunarso diangkat kembali menjadi Wakil Dirut BRI. Pemulangan dan pengadaan kembali posisi tersebut sempat mengundang tanya. Kini, delapan bulan berselang, ia diangkat menjadi Dirut BRI, menggeser Suprajarto.

Di sisi lain, Suprajarto digeser ke Bank Tabungan Negara (BTN). Keputusan tersebut disahkan dalam RUPSLB BTN pekan lalu. Meskipun, posisi itu langsung ditolak Suprajarto sehingga ia kehilangan posisi baik di BRI maupun BTN.

(Baca: Curahan Hati Suprajarto, Tak Lagi Pimpin BRI dan Mundur dari Dirut BTN)

Perkembangan ini memunculkan dugaan, Sunarso telah dipersiapkan sejak berbulan-bulan lalu oleh Menteri Rini untuk menjadi bos BRI. Namun, belum ada penjelasan dari Kementerian BUMN terkait dugaan yang berkembang tersebut.

Adapun Catur juga bukan orang baru di BRI. Ia tercatat menjabat Kepala Divisi Mass Banking BRI pada 2014-2015 dan Senior Executive Vice President Jaringan dan Layanan BRI pada 2015-2016. Setelah itu, ia ditugaskan menjadi Direktur BTN dan berlanjut menjadi Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Jaringan di BNI. Ia baru saja diberhentikan dari posisinya di BNI pada  pekan lalu.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan