Pasca-Kecelakaan Beruntun, Menhub Perintahkan Evaluasi Tol Cipularang

Dimas Jarot Bayu
3 September 2019, 16:42
kecelakaan, tol cipularang, menteri perhubungan, evaluasi ruas tol cipularang
ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Kendaraan melintas saat pemberlakuan \"Contra Flow\" di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan \"Contra Flow\" tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.

Pasca-kecelakaan fatal di jalan tol Cipularang kilometer 91 ruas Bandung ke arah Jakarta, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai perlu adanya evaluasi terhadap ruas tol tersebut.

Menurut Budi, ada kemungkinan desain jalan tol yang bermasalah di ruas tersebut sehingga kecelakaan kerap kali terjadi. Teranyar, kecelakaan beruntun melibatkan 20 kendaraan pada Senin (2/9) siang.

 

Kecelakaan tersebut mengakibatkan 9 orang meninggal dunia, 8 orang luka berat, dan 4 orang luka bakar. “Kami prihatin atas kejadian itu dan memang harus ada evaluasi yang mendasar,” kata Budi di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (3/9).

Budi mengatakan, dirinya telah menugaskan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan evaluasi. Kemenhub juga bekerja sama dengan ITB untuk melakukan evaluasi tersebut. “Mungkin kami butuhkan (kerja sama dengan ITB) kalau berkaitan dengan teknis struktural,” kata Budi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...