BI Terapkan Standardisasi Kode QR Antarnegara Tahun Depan

Cindy Mutia Annur
Oleh Cindy Mutia Annur - Agatha Olivia Victoria
4 September 2019, 14:03
BI, QR Code, QRIS,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, pegawai Bank Indonesia (BI) menunjukkan bukti transaksi menggunakan peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS) di halaman Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). BI bakal menerapkan QRIS di domestik dan antarnegara tahun depan.

Bank Indonesia (BI) menargetkan seluruh penyelenggara jasa sistem pembayaran mengimplementasikan standardisasi kode Quick Response (QR Code) atau QRIS pada tahun depan. Penerapan ini juga berlaku untuk antarnegara (cross border).

“Semuanya 2020 (penerapan QRIS di domestik dan antarnegara). Tapi kami utamakan yang inbound dulu,” kata  Deputi Gubernur BI Sugeng di sela-sela acara Indonesia Fintech Forum 2019 di Auditorium Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (4/9).

Tahap pertama, BI akan memantau penerapan QRIS oleh penyelenggara jasa sistem pembayaran di dalam negeri per Januari 2020. Setelahnya, standardisasi ini bakal diterapkan untuk transaksi antarnegara inbound.

Transaksi antarnegara inbound ini menyasar wisatawan mancanegara dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Utamanya yang berasal dari ASEAN, Tiongkok, India, Hong Kong, Korea Selatan, dan Jepang.

(Baca: BI Rilis Standardisasi Kode QR, Nasib Alipay & WhatsApp Pay Terdampak)

Lalu, BI akan mengimplementasikan QRIS untuk transaksi antarnegara outbound. Dalam hal ini, regulator menyasar jemaah haji dan wisatawan Indonesia yang ke luar negeri, utamanya ASEAN.

Ia pernah mengatakan bahwa Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) baik asing maupun lokal harus menyesuaikan layanannya dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) Nomor 21/18/PADG/2019 tentang implementasi QRIS untuk pembayaran hingga akhir tahun ini.

Dengan begitu, QRIS bisa diimplementasikan menyeluruh mulai awal tahun depan. “(Saya dengar) perusahaan asing masih melakukan (pembayaran dengan kode QR). Dalam waktu sampai akhir tahun ini mereka harus ikut QRIS. Kalau ada yang melakukan di luar pakai QRIS, kami tertibkan,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria, Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...