Moeldoko: Transjakarta Pesan 30 Unit Bus Listrik Buatan MAB

Rizky Alika
4 September 2019, 16:09
bis listrik, transjakarta, mobil anak bangsa, moeldoko
Instagram/Anies Baswedan
Ujicoba bus listrik karya Bakrie Autoparts untuk Transjakarta di Balaikota DKI Jakarta, April 2019. Pendiri PT Mobil Anak Bangsa (MAB), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan bahwa Transjakarta dan PPD telah memesan bis listrik buatan MAB. Transjakarta memesan 30 unit sedangkan PPD memesan 130 unit.

Bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB), yang salah satu pendirinya yaitu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, telah mendapatkan pesanan dari PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

Moeldoko mengungkapkan, Transjakarta total telah memesan sebanyak 30 unit bus listrik MAB. "Sedang kami kerjakan. Resminya 2020," kata dia usai menghadiri Indonesia Electronic Motor Show 2019 di Jakarta, Rabu (4/9).

Menurutnya, kendaraan Transjakarta tersebut akan digunakan untuk angkutan ke bandara. Adapun, bus listrik MAB tersebut sudah lolos uji tipe dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian sehingga sudah siap untuk diproduksi.

Selain Transjakarta, MAB juga mendapatkan pesanan dari Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) sebanyak 130 unit bus listrik. "Lalu ada Garuda dan Misui juga sudah meminta pesanan. Sudah beberapa yang minta" ujarnya.

(Baca: Menko Luhut Minta Mobil dan Motor Dinas Pakai Kendaraan Listrik)

Adapun, penggunaan kendaraan listrik pada angkutan umum juga sudah didiskusikan dengan pihak pemerintah daerah, seperti Wali Kota Bekasi, Bogor, dan Batu Malang. Oleh karena itu, MAB akan terus mendorong peluncuran unit busnya.

Penggunaan kendaraan dinilai akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Namun, pemerintah akan menyerahkan keputusan masing-masing pemda terkait kewajiban pemakaian kendaraan listrik. "Itu jadi respons masing-masing. Tapi akan lebih bagus lagi kalau ada kewajiban (kendaraan listrik bagi angkutan umum)," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...