Hutama Karya Targetkan Tiga Ruas Tol Sumatera Beroperasi Akhir Tahun

Image title
5 September 2019, 15:29
Tol Medan-Binjai akses Marelan-Tanjung Mulia yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Tol ini merupakan bagian dari Trans Sumatera yang akan menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km y
KATADATA/HARI WIDOWATI
Tol Medan-Binjai akses Marelan-Tanjung Mulia yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Tol ini merupakan bagian dari Trans Sumatera yang akan menghubungkan Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km yang ditargetkan tuntas pada 2024.

PT Hutama Karya menargetkan pengoperasian tiga ruas jalan tol pada akhir 2019. Ketiga ruas tol itu merupakan bagian dari proyek strategis nasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan, ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185  kilometer bakal rampung pada September ini. "Rencananya diresmikan langsung oleh Presiden RI pada September dan akan menyambungkan Bakauheni hingga Palembang," ujar Bintang di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9).

Pada Maret lalu, Presiden Joko Widodo meresmikan Ruas Tol Bakauheni- Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer. Sedangkan 33 kilometer sisa ruas tol tersebut, yang menyambungkan Kayu Agung-Palembang, konsesinya dimiliki oleh pihak lain.  Namun diharapkan tol ini dapat difungsikan pada akhir 2019.

Dengan ruas tol ini, waktu perjalanan Bakauheni-Palembang diperkirakan menjadi empat jam dari yang sebelumnya 10-12 jam. Adapun total jarak keduanya kurang lebih 365 kilometer.

(Baca: Meski Pendapatan Turun, Laba Bersih Hutama Karya Melonjak Hampir 80%)

Ruas tol lain yang ditargetkan beroperasi tahun ini adalah Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer. Rencananya, jalur ini segera diresmikan pada akhir November 2019.

Pembebasan lahan ruas tol tersebut telah mencapai 96,61 % dengan progres konstruksi mencapai 58,7 %.  Tol Ruas Pekanbaru-Dumai akan mempersingkat waktu tempuh perjalanan maupun logistik barang menjadi 1,5 jam, dibandingkan sebelumnya yang bisa mencapai 4,5 jam.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...