Tertekan Beban Bunga, Hutama Karya Proyeksi Laba 2019 Hanya Tumbuh 10%

Image title
5 September 2019, 16:50
laba bersih, hutama karya
Arief Kamaludin (Katadata)
Laba bersih Hutama Karya tahun ini diprediksi hanya tumbuh 10% atau melambat signifikan dibandingkan pertumbuhan 2018 sebesar 112,5%.

PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan hingga akhir tahun ini, perseroan hanya mampu mengantongi laba bersih Rp 2,4 triliun saja. Artinya laba bersih Hutama Karya hanya mampu tumbuh sekitar 10% dibandingkan laba bersih tahun lalu yang senilai Rp 2,2 triliun.

Padahal, laba bersih perusahaan konstruksi pelat merah ini pada tahun lalu mampu tumbuh hingga 112,5% secara tahunan dibandingkan dengan capaian laba bersih 2017. Artinya, pertumbuhan laba bersih tahun ini bakal tumbuh melambat secara signifikan.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, tertekannya pertumbuhan laba bersih perusahaan di akhir tahun ini karena perusahaan harus menanggung beban bunga karena mulai beroperasinya beberapa ruas jalan tol. Sebelumnya, dengan masih proses pembangunan jalan tol, beban bunga pinjaman tersebut dapat dikapitalisasi.

"Begitu jalan tol itu sudah beroperasi, biaya bunga sudah tidak bisa dikapitalisasi. Sehingga, langsung dibebankan di periode yang bersangkutan," kata Bintang saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (5/9).

(Baca: Hutama Karya Targetkan Tiga Ruas Jalan Tol Beroperasi Akhir Tahun Ini)

Bintang mengatakan, hingga akhir tahun ini, beban bunga yang harus ditanggung oleh Hutama Karya bisa senilai Rp 1,7 triliun. "Sehingga bottom line tidak bisa terlalu naik. Tahun lalu (beban bunga) masih bisa dikapitalisasi," katanya menambahkan.

Hingga saat ini, Hutama Karya sudah mengoperasikan beberapa ruas jalan tol, yaitu jalan Tol Medan-Binjai, Jalan Tol Palembang-Indralaya, dan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...