Kominfo Rekomendasi Buka Blokir Internet 9 Wilayah Papua Malam Ini

Cindy Mutia Annur
6 September 2019, 20:15
Kerusuhan di Papua, pemblokiran internet Papua
Unjuk rasa menuntut referendum di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (28/8).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan merekomendasikan pembukaan blokir internet atas sembilan kabupaten/kota di wilayah Papua malam ini. Rekomendasi diberikan setelah mendapatkan laporan kondisi terkini dari hasil pantauan Kapolda setempat. Ibu Kota Papua yaitu Jayapura dan Ibu Kota Papua Barat yaitu Manokwari masih mengalami pemblokiran internet. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pihaknya benar-benar harus bertindak berdasarkan informasi Kapolda setempat. "Kami masih lihat kondisi (di Jayapura), tapi di sembilan kota lain (yang masih diblokir) di Papua malam ini akan direkomendasikan," ujar Nando saat ditemui di kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (6/9).

(Baca: Menteri Kominfo: Hoaks Terkait Papua Berasal dari 20 Negara)

Selain pemblokiran akses internet, Kominfo melakukan pemblokiran URL berisi hoaks terkait  provokasi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Nando menjelaskan, pihaknya sudah memblokir 60% URL berisi hoaks, hasil temuan AIS Kominfo. Temuan terbanyak terjadi pada 30 Agustus yaitu 72 ribu URL.

Ia mengklaim, temuan URL berisi hoaks turun drastis setelah pemblokiran internet. "Turun hampir 90% dari puncak temuan URL," ujarnya.

Atas dasar itu, kebijakan pemblokiran  internet dinilai Kominfo cukup efektif. Meskipun imbasnya, masyarakat setempat bukan hanya tidak bisa menerima informasi negatif, tapi juga informasi positif. "Artinya, mereka tidak terprovokasi karena memang tidak menerima (informasi) apa pun," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...