Data Ekonomi AS Positif, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 758 Ribu/Gram

Desy Setyowati
9 September 2019, 08:48
Harga emas Antam turun Rp 1.000 jadi Rp 758 ribu per gram
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Harga emas Antam turun Rp 1.000 jadi Rp 758 ribu per gram.

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 1 ribu per gram menjadi Rp 758 ribu per gram pada perdagangan hari ini (9/9). Hal ini terjadi karena pernyataan Gubernur bank sentral AS, Jerome Powell yang sedikit optimistis pada akhir pekan lalu.

Secara global, harga emas di pasar spot sempat turun 1% pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu (6/9). Meski begitu, para analis memperkirakan, prospek harga emas jangka panjang tetap kuat.

Advertisement

Sebab, masih ada ketidakpastian terkait perang dagang antara AS dan Tiongkok, kekhawatiran perlambatan pertumbuhan ekonomi global, dan imbal hasil (yield) negatif obligasi.

"Penurunan yang rendah (hingga 2,3%) pada Kamis (5/9) tidak akan mengubah tren keseluruhan dan apa yang dilakukan bank sentral terkait suku bunga acuan, yang seiring waktu dapat mendorong harga emas lebih tinggi," kata Ahli Strategi Pasar senior di RJO Futures Bob Haberkorn dikutip dari Gulf News, Senin (9/9).

(Baca: Perang Dagang AS-Tiongkok Mereda, Harga Emas Antam Turun Rp 10 Ribu)

Hal senada disampaikan oleh Analis Pasar senior di OANDA Edward Moya. Ia mengatakan, pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell bahwa pasar tenaga kerja cukup kuat, sempat membuat harga emas turun.

Namun, menurutnya harga emas akan terus bergerak naik. “Prospek jangka panjang keseluruhan untuk emas, bagaimanapun, tetap kuat dan itu akan sedikit naik-turun menjelang penentuan kebijakan suku bunga pada pertengahan September," kata Moya dikutip dari Reuters.

Moya menjelaskan, alasan utama harga emas tetap akan tinggi adalah kebijakan suku bunga. Investor memperkirakan, bank sentral AS tidak menurunkan suku bunga acuan 50 basis poin pada September nanti. “Tetapi akan dibicarakan (peluang penurunan itu),’ kata dia.

(Baca: Imbal Hasil Obligasi AS Anjlok, Harga Emas Antam Stagnan)

Harga emas mencatatkan kenaikan berturut-turut selama empat bulan terakhir. Sepanjang Agustus saja, harga emas di pasar spot tercatat naik US$ 100.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka di bursa comex naik 0,15% menjadi US$ 1.517 per ons pada perdagangan kemarin (8/9), pukul 09.02 PM EDT. Sedangkan di pasar spot, harga emas masih turun 0,31% menjadi US$ 1.511 per ons pada pukul 09.15 PM EDT.

Di dalam negeri, berdasarkan situs logammulia.com, harga emas Antam turun Rp 1 ribu menjadi Rp 758 ribu per gram pada perdagangan hari ini. Harga emas penjualan kembali (buyback) juga turun Rp 2.000 menjadi Rp 682 ribu per gram.

(Baca: Manufaktur AS Lesu, Harga Emas Antam Naik dan Cetak Rekor Lagi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement