DPR Setujui Anggaran Kemenko Maritim Rp 351 Miliar untuk 2020

Agatha Olivia Victoria
9 September 2019, 14:46
banggar dpr, anggaran, kemenko maritim, luhut binsar pandjaitan,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengajukan penambahan anggaran untuk kementeriannya sebesar Rp 79,25 miliar yang mendapatkan persetujuan dari Banggar DPR hari ini, Senin (9/9).

Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui anggaran Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman tahun 2020 sebesar Rp 350,79 miliar. Adapun anggaran tersebut naik Rp 79,25 miliar dari struktur program dan anggaran (SPA) yang diusulkan pada 22 Juli 2019 lalu yakni Rp 271,54 miliar.

"Apakah usulan penambahan anggaran dari Kemenko Kemaritiman sebesar Rp 350,79 miliar ini dapat disetujui?," kata Ketua Banggar yang disambut kata "setuju" oleh para anggota Banggar di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Advertisement

Pagu anggaran ini juga terlihat naik dibanding anggaran Kemenko Kemaritiman tahun ini. Pada 2019, pagu anggaran untuk kementerian yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan ini sebesar Rp 257,2 miliar dengan realisasi penyerapan 60,52% hingga Agustus 2019.

Luhut mengatakan bahwa dia mengusulkan kenaikan anggaran ini melihat keadaan yang kini sedang dinamis sehingga terdapat beberapa program yang mudah berubah. "Kami mengajukan tambahan anggaran Rp 79 miliar dengan pengalaman yang lalu banyak kegiatan di luar ekspektasi. Karena dinamika yang terjadi di lapangan," ujarnya dalam rapat.

(Baca: Postur Sementara RAPBN 2020 Disepakati Banggar, Begini Rinciannya)

Secara rinci, terdapat 14 program/kegiatan yang diusulkan Luhut mendapatkan kenaikan anggaran pada 2020. Keempatbelas program tersebut yaitu program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Sekretariat Kemenko Bidang Kemaritiman yang naik sebesar Rp 11 miliar.

Jumlah ini terdiri dari belanja pegawai sebesar Rp 1 miliar dan layanan perancang peraturan perundang-undangan, advokasi hukum, pengelolaan kerja sama, serta organisasi dan tata laksana sebesar Rp 10 miliar.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement