Tol Jasa Marga yang Melintasi Ibu Kota Baru Diprediksi Rampung Oktober

Image title
Oleh Ekarina
9 September 2019, 08:44
Jalan tol Balikpapan-Samarinda akan menjadi salah satu infrastruktur pendukung ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur.
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Jalan tol Balikpapan-Samarinda akan menjadi salah satu infrastruktur pendukung ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur.

Ruas tol Balikpapan-Samarinda yang dioperasikan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) ditargetkan rampung Oktober 2019. Tol sepanjang  99,350 kilometer (km) ini merupakan jalan tol pertama di Kalimantan yang akan melintasi melintasi Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, calon ibu kota negara baru Indonesia.

Dalam kunjungannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit menyebut,   jalan tol tersebut hampir rampung dan bisa segera digunakan. 

Advertisement

"Saat ini total progres konstruksi  telah mencapai 97%. Kami optimistis untuk Seksi II hingga Seksi IV Palaran dapat dioperasikan secara fungsional akhir Oktober," katanya di Samarinda, Minggu (8/9).

(Baca: Ibu Kota Negara Pindah, Jakarta Tetap Jadi Pusat Ekonomi Indonesia)

Sementara itu, Seksi V dan I masih ada beberapa bagian yang harus dikerjakan dan ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2019.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 km terdiri dari lima seksi, yaitu Seksi V ruas Balikpapan (km 13) – Sepinggan (11,500 Km), Seksi I ruas Balikpapan (Km 13) – Samboja (22,025 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,975 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,300 Km) dan Seksi IV Palaran – Samarinda (17,550 Km).

Jalan tol yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 9,9 triliun ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Yang mana dari lima seksi jalan tol,  konstruksi seksi V dan seksi I dengan total panjang 33,115 Km mendapat dukungan dana dari pemerintah dengan tujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement