Prediksi Beragam IHSG Hari ini, Saham Properti Masuk Rekomendasi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Martha Ruth Thertina

10/9/2019, 06.48 WIB

Beberapa analis melihat potensi koreksi IHSG lantaran telah berada di sekitar area jenuh beli. Beberapa lainnya melihat masih ada potensi penguatan.

IHSG hari ini, rekomendasi saham hari ini
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang pekerja melintas di layar elektronik pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Sudirman, Jakarta Pusat (08/08). IHSG tercatat menguat 1,38% ke 6.204,19. IHSG masih didera aksi jual asing mencatat jual bersih Rp 214,41 miliar.

Para analis teknikal memberikan prediksi beragam atas Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini, Selasa, 10 September 2019. Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup naik 0,27% ke level 6.326,21.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama melihat potensi koreksi wajar IHSG hari ini. "IHSG hari ini berpeluang menuju ke area support," kata dia dalam analisis tertulisnya.

Ia memprediksi level support pertama maupun kedua IHSG hari ini berada pada rentang 6.294,28 hingga 6.269,66. Sedangkan, level resistance pertama maupun kedua berada pada rentang 6.341,12 hingga 6.381,54.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG September Diprediksi Masih Bearish)

Rekomendasi saham dari Nafan pada perdagangan hari ini, antara lain Ace Hardware Indonesia (ACES), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Bumi Serpong Damai (BSDE), Steel Pipe Industry of Indonesia (ISSP), Jasa Marga (JSMR), dan Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE).

Senada, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan IHSG hari ini melemah. Menurut dia, IHSG bergerak di sekitar area jenuh beli. "Sehingga mengindikasikan potensi profit taking dalam jangka pendek," kata dia dalam analisis tertulisnya.

Ia memperkirakan level resistance pertama dan kedua IHSG hari ini berada pada rentang 6.338 hingga 6.349. Sedangkan level support pertama dan kedua berada pada rentang 6.311 hingga 6.295.

(Baca: Mandiri Sekuritas Revisi Target IHSG Akhir Tahun Ini Jadi 6.550)

Beberapa rekomendasi saham dari Dennies antara lain Perusahaan Gas Negara (PGAS), Wijaya Karya (WIKA), dan Indo Tambangraya Megah (ITMG).

Di sisi lain, Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memprediksi IHSG hari ini akan kembali mencoba untuk menguat. "Menguji level resistance dengan level support-resistance di level 6.300-6.350," kata dia.

Beberapa rekomendasi saham dari Lanjar di antaranya Wijaya Karya Beton (WTON), Japfa Comfeed Indonesia (JPFA), Malindo Feedmill (MAIN), Charoen Pokphand Indonesia (CPIN), Hanjaya Mandala Sampoerna (HMSP), Aneka Tambang (ANTM), Waskita Karya (WSKT), Adhi Karya (ADHI), Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA), dan Mitra Adiperkasa (MAPI).

Prediksi senada disampaikan Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya. Menurut dia, IHSG hari ini berpotensi naik cukup besar, meskipun di tengah tekanan harga komoditas. Ia memperkirakan IHSG bergerak pada rentang level 6.224-6.372.

"Fundamental perekonomian masih menopang pola gerak IHSG hingga saat ini dan menjadi salah satu faktor pendorong kenaikan IHSG hingga beberapa waktu mendatang," kata dia.

Beberapa rekomendasi saham dari William seperti Astra International (ASII), AKR Corporindo (AKRA), Summarecon Agung (SMRA), Alam Sutera Realty (ASRI), Pakuwon Jati (PWON), Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Bank Negara Indonesia (BBNI), Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (BJTM), dan Sri Rejeki Isman (SRIL).

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN